Headlines News :
Home » , » BLH Ajak PKK Perangi Sampah

BLH Ajak PKK Perangi Sampah

Written By gresik satu on Rabu, 28 Maret 2012 | Rabu, Maret 28, 2012

Kepala BLH Gresik ajak PKK perangi sampah
GRESIK-Badan Lingkungan Hidup (BLH) Gresik mengajak seluruh masyarakat khususnya ketua PKK desa maupun kelurahan untuk memerangi sampah. Selain itu, masyarakat diajari melakukan pengelolaan sampah dengan baik dan benar.

“Ke depan, setiap desa atau kelurahan akan di bangun bank sampah dan composting,”ujar Kepala BLH Gresik, Ir Tugas Husni Syarwanto dalam  kegiatan evaluasi persiapan penilaian Adipura tahun 2011-2012 di Gedung Putri Mijil, Rabu (28/3).

Dijelaskan mantan kepala DPU tersebut,  setiap hari terdapat 612 M3 sampah di Kabupaten Gresik. Jika sehari saja tidak di ambil,  akan menimbulkan bau tak sedap dan langsung di urai oleh bakteri yang berdampak menimbulkan penyakit. 

“Dampak inilah yang harus di waspadai. Kita perkirakan 78 persen adalahsampah organik sisanya sampah plastik dan kaleng,”ungkapnya.

Pihak BLH Gresik melakukan pembinaan dengan menyiapkan tong-tong sampah di samping rumah. Untuk sampah yang sudah kering tidak boleh di bakar. Selain itu, sampah tidak boleh keluar dari bak sampah.

Tim penilai Adipura, sambung Tugas Husni Syarwanto, diperkirakan akhir bulan Maret dan April mengunjungi Gresik untuk melakukanm penilaian tahap ke-2 kalinya. Sebeb, seperti tahun-tahun sebelumnya penilaian Adipura membutuhkan 3 tahapan penilian. Lokasi yang di nilai rata-rata fasilitas umum, seperti terminal, jalan raya, kantor, pasar.

“Kita harapkan sampah jangan sampai keluar dari bak sampah,”ujarnya.

Yang lebih penting dari kegiatan ini, menurut Tugas Husni Syarwanto, membuktikan bahwa pengelolaan sampah sudah baik dan benar. Sebab, harapan masyarakat Gresik tidak hanya bersih, tapi juga indah.

“Agar keinginan masyarakat bisa terealisasi demikian juga keinginan Pemerintah Daerah juga sesuai dengan harapan, maka kami berharap kepada seluruh masyarakat khususnya ibu-ibu ketua PKK desa dan kelurahan hendaknya bersama bersatupadu memerangi sampah yang ada di sekeliling kita dulu,”tandasnya.

Sementara itu Ketua TP PKK Kab Gresik Hj Maria Ulfa Sambari HR mengingatkan kepada seluruh ketua PKK desa dan kelurahan yang berada di Kecamatan Gresik, Kebomas dan Manyar agar merubah perilaku.

“Yang dulu seenaknya membuang sampah, sekarang harus di tinggalkan jauh-jauh. Kebersihan dan keindahan sudah menjadi kebutuhan kita semua. Jika lingkungan kita bersih dan indah, tentu akan menjadikan hidup kita lebih sehat dan nyaman. Apalagi sampah saat ini bisa dikelola dan dimanfaatkan,”pungkasnya.(sho)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : coba ku banyangkan | gresik-satu template | gresik-satu template
Copyright © 2011. gresik-satu - Oke 86
Perubah Template Oleh gresik-satu.blogspot.com Publikasi oleh gresik-satu.blogspot.com
Kekuatan oleh gresiksatu