Headlines News :
Home » » Kurangi Piutang, Putihkan Denda Pajak Daerah

Kurangi Piutang, Putihkan Denda Pajak Daerah

Written By gresik satu on Minggu, 10 Maret 2013 | Minggu, Maret 10, 2013

GRESIK-Piutang daerah dari Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang nominalnya masih besar paska diserahkan ke daerah dari kantor pelayanan pajak (KPP) sekaligus meringankan beban Wajib Pajak (WP) masyarakat Gresik, maka Bupati Gresik memberikan keringanan berupa penghapusan denda, bunga dan sanksi administrasi lain untuk Pajak Bumi Bangunan serta 11 jenis pajak daerah lainnya. Kebijakan tersebut berkenaan dengan peringatan HUT Pemkab Gresik ke 39 dan Hari Jadi Kota Gresik ke 526 yang berlaku sejak periode 1 Maret 2013 sampai dengan 31 Mei 2013.
Menurut Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Gresik, Yetty Srisuparyati melalui kabag Humas Pemkab Gresik Andhy Hendro Wijaya,bahwa, penghapusan denda dan sanksi administratif tersebut merupakan salah satu paket program yang diberikan Bupati untuk meningkatkan partisipasi masyarakat terutama dalam pembayaran pajak. "Dengan adanya keringanan semacam pemutihan denda pajak, tentunya akan meningkatkan animo masyarakat untuk berpartisipasi dalam taat pajak" katanya disela jalan melaksanakan olahraga pagi, Minggu (10/3).
Sebelas jenis pajak yang dibebaskan denda administrasinya yaitu, PBB, Pajak Perhotelan, Pajak Restoran dan Rumah Makan, Pajak Hiburan, Pajak Penerangan Jalan non PLN, Pajak Galian C, Pajak Sarang Burung, Pajak Parkir, Pajak Air Tanah, Pajak Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), dan Pajak Reklame.
Apabila program Pembebasan Denda dan Bunga untuk 11 jenis pajak tersebut, maka Pemerintah Kabupaten Gresik akan menghindari potensial loss sebesar Rp. 108 milyar.
"Dengan program ini, kedepan masyarakat bisa lebih taat dalam membayar pajak tersebut secara berkala. Terutama pembayaran PBB,"imbuh Kabid Pendataan DPPKAD Gresik. AH. Sinaga.(sho)

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : coba ku banyangkan | gresik-satu template | gresik-satu template
Copyright © 2011. gresik-satu - Oke 86
Perubah Template Oleh gresik-satu.blogspot.com Publikasi oleh gresik-satu.blogspot.com
Kekuatan oleh gresiksatu