Headlines News :
Home » » Lestraikan Tradisi Jumput Beras Desa Sidowungu

Lestraikan Tradisi Jumput Beras Desa Sidowungu

Written By gresik satu on Sabtu, 27 Juli 2013 | Sabtu, Juli 27, 2013

GRESIK-Beragam tradisi dan kebiasaan unik tumbuh subur ditengah kehidupan masyarakat. Seperti tradisi jumputan yang berkembang di Desa Sidowungu Kecamatan Menganti.
Masyarakat setempat memberikan santunan hasil jumputan kepada anak yatim pada bulan Ramadan ini.
Tradisi jumputan beras merupakan tradisi yang unik dan berbeda.
Setiap sebulan sekali, warga Desa Sidowungu Kecamatan Menganti mengumpulkan beras yang dikumpulkam oleh relawan dari 16 ibu-ibu setempat dengan berkeliling kampung.
Ketika keliling kampung, relawan tersebut dibuntuti oleh anak-anak untuk mengumpulkan beras.
Menurut sesepuh Desa Sisowungu, bahwa tradisi jumputan beras merupakan warisan nenek moyang untuk menyisihkan sebagian rejeki yang dialokasikan untuk menyantuni anak yatim di pertengahan bulan Ramadan.
Tradisi jumputan yakni beras dijumput oleh relawan sebanyak 7 kali atau tujuh jumput tangan setiap rumah warga. Namun, warga tidak ada paksaan ketika berasnya dijumput.
"Kemudian beras dikumpulkan menjadi satu di panitia setiap bulannya. Dalam satu tahun, hasilnya dijual. Uang hasil penjualan kemudian diserahkan ke fakim miskin dan anak yatim untuk makan dan biaya sekolah,"terang Kasemi (33) salah satu relawan jumputan beras kepada awak media, Sabtu (27/07).
Beras yang dikumpulkan, dijual setelah sholat tarawih di masjid Al-Ihlas desa setempat. Ribuan warga mulai anak-anak hinga manula antri rela antri untuk menyerahkan amplop kepada 26 anak yatim dan 52 orang fakir miskin.
Menurut salah seorang tokoh masyarakat Desa Sidowungu, Muhammad Nasir Cholil (39), anak yatim maupun fakir miskin rata-rata bisa menerima sebesar Rp. 4-5 juta.
"Tradisi ini sudah berlangsung puluhan tah. Saya berharap tetap dilestarikan. Karena tradisi inesuai dengan ajaran Rasulullah,"pungkasnya. (ang/sho)



Share this post :

Posting Komentar

 
Support : coba ku banyangkan | gresik-satu template | gresik-satu template
Copyright © 2011. gresik-satu - Oke 86
Perubah Template Oleh gresik-satu.blogspot.com Publikasi oleh gresik-satu.blogspot.com
Kekuatan oleh gresiksatu