Headlines News :
Home » » Pemkab-Dispenda Propinsi dan Polres Gresik Teken MoU Parkir Berlanganan

Pemkab-Dispenda Propinsi dan Polres Gresik Teken MoU Parkir Berlanganan

Written By gresik satu on Selasa, 29 April 2014 | Selasa, April 29, 2014


GRESIK-Kendati masih menjadi polemik, tetapi Pemkab Gresik mula 1 Mei 2014 i memberlakukan parkir berlangganan di wilayah Kabupaten Gresik. Kepastian tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan, Ahmad Nuruddin melalui Kabag Humas Pemkab Gresik Agus Setya Prambudi Selasa (29/4).
Menurut Nuruddin kepastian parkir berlangganan setelah ditandatangani kesepahaman antara Bupati Dr. Sambari Halim Radianto, Wakil dari Dinas Pendapatan Propinsi Jawa Timur, Indra Setiabudi Ranu dan Waka Polres Gresik Kompol Dolly AP tentang Parkir Berlangganan.
Sesuai nota kesepahaman, Parkir Berlangganan efektif berlaku mulai 1 Mei 2014 yang penarikannya dilakukan setiap tahun sekali dan akan ditambahkan pada setiap registrasi surat tanda nomor kendaraan (STNK).
Ketentuannya, untuk kendaraan roda dua sebesar Rp 15 ribu, roda 4sebesar Rp. 40 ribu, serta bus dan truk sebesar Rp. 60 ribu setiap tahun.
Sejak diberlakukan perkir berlangganan di Kabupaten Gresik, ke depan akan ada kenaikan setoran Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor parkir ini.
"Kenaikannya sangat signifikan, karena pada tahun 2013 setoran PAD dari sektor parkir ini hanya Rp. 2.197.500.000,- . Pada tahun 2014 setelah parkir berlangganan ini diberlakukan maka setoran parkir untuk kas PAD Gresik menjadi Rp. 8,06 milyar," katanya..
Estimasi pendapatan parkir ini didapat dari jumlah kendaraan sebanyak 436.985 kendaraan yang ada di wilayah Kabupaten Gresik dengan rincian 390.032 kendaraan roda dua, 30.370 kendaraan roda empat, 492 bus dan 16.091 truck. Adapun lokasi parkir berlangganan sebanyak 58 lokasi yang tersebar di wilayah Kabupaten Gresik yaitu 37 lokasi di Kecamatan Gresik, 5 lokasi di Kecamatan Kebomas, 14 lokasi di Kecamatan Manyar, 1 lokasi di Kecamatan Duduksampeyan dan 1 lokasi di Kecamatan Sangkapura.
Dinas Perhubungan Gresik sudah menyiapkan 175 orang tukang parkir yang diberi honor bulanan oleh Pemkab Gresik. selain itu Dinas Perhubungan juga menyiapkan rambu parkir sebanyak 91 Ribu. Adapun lokasi terbanyak yang dipasang rambu parkir ada di sekitar Jalan Haji Samanhudi 21 rambu serta lokasi lain yaitu di Jalan Kalimantan Komplek GKB sebanyak 18 rambu. (sho)

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : coba ku banyangkan | gresik-satu template | gresik-satu template
Copyright © 2011. gresik-satu - Oke 86
Perubah Template Oleh gresik-satu.blogspot.com Publikasi oleh gresik-satu.blogspot.com
Kekuatan oleh gresiksatu