Selasa, 27 Maret 2012

KWSG Bukukan Pendapatan Rp. 1,43 T

Menkop dan UKM meluncurkan Garasi KWSG
GRESIK-Pendapatan yang dibukukan oleh Koperasi Warga Semen Gresik (KWSG) dalam tahun 2011 mencapai sebesar Rp. 1,43 triliun. Sehingga, kenaikan mencapai 26 % dibandingkan tahun sebelumnya. Hal tersebut berimbas dengan naiknya pembagian sisa hasil usaha (SHU) yang mencapai Rp. 23,66 milyar. Hal tersebut berdasarkan laporan yang disampaikan ketua pengurus KWSG, Ir. Edi Kartika seusasi rapat anggota tahunan (RAT) KWSG yang dihadiri Menteri Negara Koperasi dan UKM, Dr. Syariefuddin Hasan MM, MBA di Wisma A. Yani, Selasa (27/3).

“Pendapatan diperoleh dari 10 bidang usaha yang dimiliki KWSG yaitu pertokoan, penjahitan, simpan pinjam, percetakan dan fotocopy, catering dan restoran, perdagangan umum, perdagangan bahan bangunan, ekspedisi, event organizer dan distributor consumer good,”tandasnya.

Pada tahun 2012 ini, sambung Edi Kartika, KWSG menargetkan pendapatan sebesar Rp.1,68 triliun atau meningkat 17,48 %. Selain itu, KWSG telah merencanakan menanamkan investasi sebesar  Rp. 49,04 milyar untuk mendukung proyeksi pertumbuhan bidang usaha KWSG.

Sementara itu, Menkop dan UKM Dr. Syariefuddin Hasan MM MBA dalam sambutannya mengakui KWSG sangat luar biasa. Termasuk SHU yang pendapatannya sangat besar.

“Prestasi ini, mendapat catatan emas di Kementerian Koperasi dan UKM,”tegasnya.

 Ditambahkan menteri dari Partai Demokrat tersebut, pihaknya memiliki obesesi ada koperasi berskala internasional pada tahun 2012 ini. Selain itu, Kemenkop dan UKM memiliki program untuk membuat peringkat 10 besar koperasi di Indonesia yang menjadi barometer untuk koperasi lainnya.

“Di setiap propinsi, kita mengharapkan ada 3 koperasi berskala besar yang dapat menjadi barometer. Setelah itu, diperingkat menjadi 10 besar se-Indonesia. Mudah-mudahan, pada tahun ini telah ada perangkingan koperasi. Dan salah satunya, berasal dari Jawa Timur,”ujarnya yang disambut aplous dari anggota KWSG.

Dalam kesempatan tersebut, Menkop dan UKM juga meresmikan beberapa investasi KWSG yang secara simbolis ditantanagani prasasti Gerakan Koperasi Berprestasi (Garasi) dan kantor unit kerja KWSG yakni unit usaha ekspedisi di Tuban, unit perdagangan bahan bangunan di Tangerang, Depok, Unggaran, Gresik, Waroeng Legend di Tuban, V-mart Swalayan dan café serta peluncuran produk simpanan dan tarikan (sipintar) sekaligus peluncuran secar simbolis 34 unit armada tronton dan 5 unit dump truk.

Menkop dan UKM Syariefuddin Hasan juga memberikan penghargaan certificate of recognition (COR) yang diterima Dirut PT. Semen Gresik (SG) Tbk, Ir. Dwi Soetjipto. Penghargaan tersebut sebagai bentuk apresiasi yang tinggi karena SG berpartisipasi dan melakukan pembinaan dalam meningkatkan kegiatan ekonomo masyarakat melali pemberdayaan UKM yang menjadi mitra binaannya.(sho)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar