Selasa, 14 Agustus 2012

BPBD Jatim Gerojok Air

GRESIK- Sebnayak 24 kota maupun kabupaten kesulitan air bersih yang berimbas pada ratusan desa disana. Demikian dilansir Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim.  Data BPBD Jatim menunjukkan, Ngawi, Sampang, Bojonegoro, Nganjuk dan Bondowoso mengalami krisis air yang kronis akibat kekeringan.
“Ada sekitar 848 desa, dengan 239 kecamatan yang di landa kekeringan dan kekurangan air bersih” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Jatim, Turmuzi di di sela-sela pemberangkatan mobil tangki air di Gresik.
Untuk membantu desa yang dilanda kekeringan, sambung Turmuzi, pihaknya telah menyiapkan sekitar 185 rit truk tangki untuk menyuplai daerah yang di landa kekeringan.
 “Saat ini, sudah kami distribusikan agar masyarakat dalam menikmati lebaran tidak terganggu dengan adanya kekurangan air bersih,”katanya.
Sementara itu, Kepala BPBD Gresik Hari Sucipto mengatakan , bahwa, bantuan air dari truk tangki dan tandon tersebut,  kekeringan yang melanda sejumlah wilayah bisa segera diatasi.
“Bantuan berupa truck dan tandon ini sangat membantu dalam upaya penanggulangan ancaman kekerirangan di sejumlah daerah,”katanya.
Ditambahkannya,  pengiriman akan diprioritaskan untuk area kekeringan di kelompok III, yaitu kategori kering kritis. Hari Sucipto berharap kepada Camat untuk segera mengirimkan laporan kekeringan di wilayahnya
“Dari data yang masuk ada sekitar  94 desa di 13 Kecamatan di Gresik yang mengalami kekeringan dan ada beberapa kecamatan yang juga sudah dioanggap kronis,”pungkasnya.(sho)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar