Rabu, 15 Agustus 2012

Dewan Jajaki Kerjasama Kepelabuhanan

GRESIK-Kalangan dewan merespon positif rencana pemerintah daerah mendirikan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT. Gresik Samudera (GS) yang bergerak di bidang kepelabuhanan. Untuk itu, Komisi B melakukan penjajakan dan pembelajaran ke manajemen PT. Pelindo III (Persero) Cabang Gresik.
“Kita melakukan penjajagan kerjasama yang bisa dilakukan dengan berdirinya BUMD PT. Gresik Samudera,”ujar Ketua Komisi B, Ir. H. Abdul Hamid dengan ekpresi serius,Selasa (14/8).
Bentuk kerjasama dengan PT. Pelindo III (Persero) Cabang Gresik yang bisa dilakukan melalui BUMD PT. Gresik Samudera yakni suplai air bersih kepada pengguna jasa di wilayah Pelabuhan Gresik. Selanjutnya, PT. Pelindo III (Persero) Cabang Gresik yang menjual pada kapal yang bersandar di Pelabuhan Gresik.
“Kendalanya, pasokan air dari PDAM Gresik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di perkotaan saja masih kurang,”paparnya.
Kerjasama lain yang dapat dilakukan yakni PT. Gresik Samudera (GS) menyediakan tug boat untuk jasa tunda dan pandu. Sebab, PT. Pelindo III (Persero) Cabang Gresik tidak memiliki tug boat tetapi bekerjasama dengan pihak swasta.
“Daripada kita membeli kapal untuk pelayaran Bawean-Gresik, lebih menguntungkan kalau membeli tug boat,”tukasnya.     
Sebelumnya, General Manager PT Pelindo III (Persero) Cabang Gresik Machmud Syamsudin kepada wartawan mengakui adanya penjajagan yang dilakukan oleh Komisi B terkait pendirian perusahaan daerah.
“Tidak ada masalah, kalau ada perusahaan daerah. Kita bisa kerjasama secara professional,”pungkasnya.(sho)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar