Senin, 13 Agustus 2012

RSUD Ibnu Sina Siaga Di Lebaran

GRESIK-Hari Raya 1433 H,  RSUD  Ibnu Sina memusatkan layanan pasien di ruang Unit Gawat Darurat (UGD).Sejumlah dokter jaga telah dijadwal pagi, siang dan malam. Termasuk dokter spesialis juga kena kewajiban. Demikian disampaikan Direktur RSUD Ibnu Sina, dr. Endang Puspitowati melalui Kabag Humas Pemkab Gresik, Andhy Hendro Wijaya, Senin (13/8).
“Kami menjadwal pertanggung jawaban masing-masing ruangan kepada dokter spesialis. Setiap dokter spesialis masih mempunyai tugas melaksanakan kunjungan pasien yang opname di ruangan  atau visite pada saat libur lebaran,”tukasnya.
Saat ini, sambung Endang, jumlah kunjungan pasien ke poli yang ada di RS Ibnu Sina rata-rata setiap hari 600 orang. Kendati demikian, tidak semuanya membutuhkan layanan pada saat lebaran nanti.
“Pasien rawat jalan sudah menyiapkan diri sebelum lebaran tiba. Mereka sudah menyiapkan obat-obatan sampai cukup setelah lebaran. Bahkan sampai menjelang lebaran tiba, pasien berangsur berkurang. Tapi untuk pasien diruangan yang opname tetap diawasi oleh dokter spesialis. Pasien masih dikunjungi secara berkala oleh dokter spesialis,”katanya.
Biasanya, pengunjung rumah sakit saat lebaran adalah pasien gawat darurat karena kecelakaan, atau pasien yang mengalami sakit karena berhubungan dengan perilaku pasca puasa. Misalnya, karena salah mengkonsumsi makanan, makan terlalu banyak. Akibat yang ditimbulkan karena kasus tersebut adalah penyakit maag, diare, atau sakit perut yang sangat melilit. 
Pada kesempatan itu, Endang berpesan agar tidak mengkonsumsi makanan berlebih setelah berpuasa.
“Makanlah makanan yang alami dan hindarilah makanan yang banyak mengandung pewarna dan pengawet. Misalnya makanan kaleng. Perbanyaklah makanan buah dan sayur dan kurangilah makanan goreng-gorengan,” pungkasnya.(sho)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar