Kamis, 13 Desember 2012

Resmikan Proyek Pertanian Senilai Rp. 2,3 M

GRESIK-Fasilitas untuk menunjang pertanian berupa jalan dan irigasi yang telah dibangun disejumlah desa sebesar Rp. 2,3 milyar dari APBD Gresik tahun 2012, diresmikan penggunaannya oleh Bupati Dr. Sambari Halim Radianto di desa Laban Kecamatan Menganti, Kamis (13/12).
Ada 20 ruas jalan menuju sawah yang dibangun di 20 desa pada 9 kecamatan. Volume masing-masing jalan sejauh 300 meter dengan lebar 2,5 meter dengan biaya Rp. 60 juta. Total panjang jalan yang dibangun sejauh 6 km dengan menelan anggaran Rp. 1,2 milyar.
Sedangkan irigasi dibangun sebanyak 19 irigasi di 19 desa pada 9 kecamatan. Total irigasi yang dibangun sejauh 1,9 km masing-masing menghabiskan dana Rp. 60 juta. Biaya proyek irigasi tersebut sebesar Rp. 1,1 milyar.
 "Saya senang produksi pertanian terutama beras saat ini masih surplus. Ada peningkatan rendemen padi sebesar 64 persen disbanding dulu yang hanya 52 persen. Padahal lahan pertanian sudah semakin menyempit. Di beberapa wilayah lahan ini terkikis oleh perumahan. Untuk peningkatan produksi tidak ada jalan lain kecuali dengan intensifikasi" ujarnya.
Bupati mengatakan pihaknya menginginkan fasilitas pertanian seperti pada jaman Belanda dulu. Dimana pada jaman dahulu, galengan (jalan sawah) lebar.
"Saat ini semakin menyempit karena dikikis pacul oleh petani sendiri. Padahal kalau jalan dan irigasi di sawah itu bagus, produksi pasti bagus. Makanya saya membangun areal pertanian seperti Belanda. Karena Belanda selama ini menjadi contoh dalam pembangunan irigasi dan jalan pertanian" katanya.      
Tentang pupuk, Bupati menjamin tidak aka nada lagi kelangkaan pupuk.
"kalau ada masalah dengan pupuk, silahkan lapor ke Camat langsung. Dan camat harus lapor ke Bupati dalam waktu 1 X 24 jam. Niscaya akan diatasi secepatnya" katanya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Agus Joko Waluyo mengatakan,bahwa,program pembangunan didanai APBD Gresik tahun 2012, yaitu Jaringan Irigasi Tingkat Usaha Tani (JITUT) dan Jaringan Irigasi Desa (JIDES). Sedangkan pembangunan Jalan menuju Sawah adalah Program Jalan Usaha Tani (JUT).
"Saat ini sudah rampung 100 prosen. 
Untuk tahun 2013 mendatang Program ini masih ada lagi yang melalui Dinas Pertanian ada 18 ruas di 18 desa sejauh 10 km. Sedangkan yang melalui Jaring Aspirasi Masyarakat pembangunan jalan menuju sawah sebanyak 15 desa dan irigasi di 13 kecamatann"tegasnya.(sho)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar