Selasa, 18 Desember 2012

SG Akuisisi Semen Thang Long Senilai USD 157 Juta

GRESIK- PT Semen Gresik (Persero) Tbk (SMGR) akhirnya sukses mengakuisisi Thang Long Cement Joint Stock Company (TLCC) setelah Ha Noi General Export-Import Joint Stock Company (Geleximco) dan SMGR memenuhi semua persyaratan yang diatur dalam Perjanjian Jual Beli Bersyarat ( CPSA) sebagai tindaklanjut penandatanganan CSPA pada 14 November lalu di Jakarta.
"Nilai transaksi yang tercapai berkisar USD 157 juta untuk pengambilalihan 70 % saham TLCC dari Geleximco. Setelah pengambilalihan ini, TLCC menjadi anak perusahaan SMGR dan laporan keuangan akan dikonsolidasikan ke SMGR," ujar Coorporate Secretary SMGR, Agung Wiharto dalam rilisnya, Selasa (18/12) malam.
Ditambahkan, SMGR dalam beberapa minggu, ke depan akan menempatkan wakil - wakilnya yang akan mengisi posisi Board of manajemen dan Direktur di TLCC,
Sekadar diketahui TLCC adalah salah satu produsen semen terkemuka di Vietnam dengan total kapasitas produksi sebesar 2,3 juta ton semen per tahun berlokasi di Provinsi Quang Ninh dengan pabrik penggilingan yang terletak di pinggiran kota Ho Chi Minh dan memiliki cadangan deposit batu kapur sekitar 76 juta ton.
Dekatnya jarak antara pabrik semen TLCC di Quang Ninh dengan pelabuhan laut Cai-Lan dan pabrik penggilingan ke jalur transportasi sungai Delta Mekong, serta jalan raya antar-daerah dan pelabuhan internasional, menjadikan sistem distribusi akan efektif dan efisien.
Selain itu, TLCC memiliki potensi untuk mengembangkan dua pabrik semen baru di provinsi Quang Ninh dan Binh Phuoc, dengan didukung deposit batu kapur lebih dari 200 juta ton. Hal tersebut akan membuka peluang untuk memenuhi permintaan pasar domestik yang terus meningkat di Vietnam serta memiliki kesempatan untuk memenuhi kekurangan pasokan di pasar Indonesia.
Pengambilalihan TLCC merupakan tonggak sejarah strategis yang sangat penting dalam mewujudkan visi SMGR untuk menjadi produsen semen terkemuka di Indonesia dan Asia Tenggara. Hal ini juga akan meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia dengan Vietnam.(sho)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar