Rabu, 24 Oktober 2012

MAN 2 Gresik Gelar Diklat Jurnalistik di Mushollah

GRESIK-Siswa-siswi Madrasah Aliah Negeri (MAN) 2 Gresik menggelar kegiatan pendidikan dan latihan (Diklat) jurnalistik yang berlangsung di mushollah sekolah setempat, Rabu (24/12). Kegiatan tersebut dalam rangkaian memperingati Hari Bahasa yang juga diisi dengan musikalisasi puisi dan lomba orasi ilmiah.
“Mushollah bukan sekedar tempat untuk beribadah, termasuk mencari ilmu juga,”ujar Kepala Sekolah MAN 2 Gresik, Drs. Mujtahid M.Si dalam sambutannya.
Sebenarnya, MAN 2 Gresik sudah memiliki majalah sekolah yang secara kontinyu terbut setiap semester. Kendati demikian, pihak sekolah menghendaki agar siswa-siswinya lebih mendalami jurnalistik. Untuk itu, pihaknya menggelar kegiatan Diklat Jurnalsitik yang diikuti pengurus OSIS, perwakilan kelas maupun siswa yang tergabung dalam KIR (karya ilmiah remaja).
Untuk memberikan pengetahuan jurnalistik, Much Shopi’i dari HARIAN BANGSA yang didaulat untuk mengenalkan dasar-dasar jurnalistik. Termasuk, membekali siswa terkait informasi yang mengandug news value. Sedangkan Sugiono dari Surya memberikan materi terkait pengelolaan majalah sekolah.
Setelah mendapatkan materi, peserta dibentuk kelompok redaksional kecil untuk merencanakan pembuatan majalah sekolah. Termasuk, rubrikasi dan tema besar yang menjadi focus dalam penerbitan majalah sekolah.
Peserta tampak antusias dalam merencanakan pembuatan majalah sekolah. Berbagai tema ditawarkan untuk menjadi focus dalam penerbitan majalah sekolah. Ada yang mengangkat tema kebersihan sekolah untuk mewujudkan sekolah Adiwiyata. Selain itu, ada kelompok yang mengangkat tema tentang tata tertib sekolah maupun rangkaian kegiatan Hari Bahasa.(sho)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar