Headlines News :
Home » , , » Bulog Didesak Beli Kedelai Petani

Bulog Didesak Beli Kedelai Petani

Written By gresik satu on Kamis, 26 Juli 2012 | Kamis, Juli 26, 2012

GRESIK-Badan urusan logisitik (Bulog) didesak membeli kedelai petani. Sehingga gairah petani untuk menanam kedelai dapat tumbuh kembali. Demikian ditegaskan oleh Wakil Gubernur ( Wagub) Syaifullah Yusuf disela-sela do’a dan buka puasa bersama 1.000 anak yatim yang di gelar PT. Petrokimia Gresik (PG) di SOR Tridharma PT. Petrokimia Gresik, Kamis (26/7).
“Gubernur minta Bulog mau memperlakukan kedelai seperti beras. Kebijakan ini pernah dilakukan Bulog sebelum tahun 2009 lalu. Sehingga, petani bergairah menanam kedelai,”ungkapnya.
Ditambahkan Gus Ipul-sapaan akrab Syaifullah Yusuf, petani tidak bergairah menanam kedelai karena produksinya tak terserap. Dengan Bulog menerapkan kembali kebijakan membeli kedelai, maka petani bergairah kembali untuk menanam kedelai.
Apabila petani local sudah bergairah menanam kedelai, tidak ada lagi kelangkaan kedelai yang masih tergantung impor. Sedangkan petani local sebenarnya dapat menanam kedelai jika mereka mendapatkan perhatian serius.
Selain itu, Pemprov Jatim juga mengeluarkan regulasi dengan memberikan subsidi bibit kedelai unggul bagi petani. Sehingga, harapan seklaigus target untuk swasembada kedelai di Jawa Timur dapat terpenuhi.  
“Kita hampir swasembada kedelai. Ada lahan untuk menanam kedelai sekitar 240 hektar yang tersebar di Jawa Timur,”tandasnya.
Sebaran petani kedelai di Jawa Timur berada di Banyuwangi, Jember, Pasuruan dan tempat –tempat lainnya. Total produksi sudah mencapai sebesar 350 ton pertahun. Sedangkan kebutuhan kedelai di Jawa Timur sekitar 400 ton pertahun.
“Tinggal sedikit lagi, kita sudah swasembada kedelai. Ada penambahan lahan pertanian untuk kedelai sekitar 100 hektar yang kita harapkan secepatnya dapat terealisasi,”tukasnya.
Menurut Gus Ipul, apabila lahan untuk bertanam kedelai sudah diatas 350 hektar, maka kita swasembada kedelai. Karena produksinya mencapai 500 ton pertahun,”tegasnya.
Dengan swasembada kedelai, sambung Gus Ipul, maka tidak akan ada kelangkaan kedelai di Jawa Timur. (sho)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : coba ku banyangkan | gresik-satu template | gresik-satu template
Copyright © 2011. gresik-satu - Oke 86
Perubah Template Oleh gresik-satu.blogspot.com Publikasi oleh gresik-satu.blogspot.com
Kekuatan oleh gresiksatu