Headlines News :
Home » » Sulap Abu Kayu Randu Jadi Sabun Cair

Sulap Abu Kayu Randu Jadi Sabun Cair

Written By gresik satu on Kamis, 14 Februari 2013 | Kamis, Februari 14, 2013

GRESIK-Kreatifitas ditonjolkan oleh siswa SMA Hidayatus Salam Desa Lowayu , Kecamatan Dukun dalam merayakan Hari Kasih Sayang atau Valentine Days. Mereka tidak mau ikut arus budaya asing yang bertentangan dengan norma agama. Tetapi, mereka menunjukkan dengan penelitian membuat sabun cair dari abu kayu Randu Kapuk.
Disana, banyak tumbuh pohon pohon Randu Kapuk hanya di manfaatkan untuk terompah alias klompen. Bahkan, sebagian besar hanya digunakan sebagai kayu bakar. Namun, siswa mampu menyulap menjadi sabun. Caranya, abu dari pohon Randu yang sudah di saring, di tambahkan minyak goreng bekas dan di panaskan 60 C dengan ditambahkan STTP dan di aduk hingga rata . Sebelum diangkat ditambahkan pewarna makanan dan sedikit parfum. Maka, jadilah sabun cair berasal dari bahan bekas.
Kepala SMA Hidayatus Salam, Ahmad Misbahul Abidin menjelaskan,bahwa, pihak nya hanya memfasilitasi dari kegiatan siswa yang bermanfaat bagi lingkungan .
“ Kami hanya memfasilitasi saja. Kmaiberharap dapat bermanfaat bagi lingkungan,”ujarnya.
Sementara itu, salah satu siswa kelas X bernama Muawanatul Ummah mengungkapkan bahwa pohon randu banyak di kampungnya .
“ Sejak ada program elpiji masuk kampung , maka pohon randu biasa di buat klompen dan sisanya di buat kayu bakar. Sementara abu sisa pembakaran yang terbuang. Kami mencoba memanfaatkan menjadi sabun cair untuk cuci tangan “, jelasnya .(sho)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : coba ku banyangkan | gresik-satu template | gresik-satu template
Copyright © 2011. gresik-satu - Oke 86
Perubah Template Oleh gresik-satu.blogspot.com Publikasi oleh gresik-satu.blogspot.com
Kekuatan oleh gresiksatu