Headlines News :
Home » » Resources Center Bakal Tambah Layanan

Resources Center Bakal Tambah Layanan

Written By gresik satu on Kamis, 27 Juni 2013 | Kamis, Juni 27, 2013

GRESIK-Kehadiran Resources Centre (RC) yang terletak di Jl Proklamasi dalam rangka pengembangan pendidikan khusus atau pendidikan inklusif yang dapat di manfaatkan oleh semua anak berkebutuhan khusus.
Gedung Resources Centre yang memliki dua lantai memberikan layanan anak yakni layanan konsultasi,  diagnosa untuk identifikasi,assement meliputi layanan terapi seperti terapi wicara, terapi motorik, terapi perilaku, occupasi dan OM. Untuk layanan orang tua tentang pendidikan khusus seperti sosialisasi kelompok, individu, home visit. Disamping itu, layanan bagi tenaga pendidik dan tenaga Kependidikan dan layanan masyarakat meliputi informasi, dan sosialisasi. Kedepan rencananya akan menambah layanan psikologi, specialis THT dan trainer.
Kepala Unit pelayanan terpadu (UPT) Resources Centre, Dra Innik Hikmatin menjelaskan bahwa keberadaan Resources Centre sangat membantu masyarakat yang membutuhkan berbagai Informasi layanan, terlebih bagi orang tua yang anaknya mempunyai kelainan atau  berkebutuhan khusus yang membutuhkan penanganan khusus.
“Disini juga bisa mendeteksi dini, apakah anak ini punya kelainan atau tidak, jadi ibu-ibu yang baru melahirkan, bisa memanfaatkan RC ini untuk medeteksi dini. Apakah bayinya mengalami kelainan atau tidak. Jika ada kelainan kita langsung tangani. Sebab dengan penanganan secara dini, akan lebih mudah dan cepat dalam penyembuhan,”ujarnya dengan serius, Kamis (27/06).
 Saat ini tenaga yang ada di RC hanya 8 orang. Namun, kedepan akan ditambah tenaga ahli. Karena hasil kunjungan dari provinsi mengindikasikan bahwa Resources Centre Gresik ini nantinya akan di jadikan pilot project daerah lain.
Dan mulai saat ini kami siap menerima rujukan dari mana saja terkait dengan anak berkebutuhan khusus, layanan orang tua, layanan pendidik dan layanan masyarakat. dan RC ini merupakan daya dukung layanan pendidikan,”imbuhnya.

Di Gresik sendiri, anak yang berkebutuhan khusus atau inklusi berjumlah 75 pasien yang menyebar di 7 puskesmas binaan . Memang Anak yang berkebutuhan khsusu terkesan tidak  produktif dan tidak bermanfaat, namun jika sejak dini anak tersebut mendapat layanan terapi, mereka akan mempunyai kemampuan yang sama dengan anak yang sempurna. Bahkan  ada beberapa anak yang kemampuannya melebihi anak sempurna, mereka sering menjadi juara di beberapa lomba atau even tingkat Nasional bahkan hingga keluar negeri. (sho)
Share this post :

+ komentar + 1 komentar

17 November 2020 pukul 22.59

Apa bisa langsung datang ke tempat ?? Atau harus ada rujukan ??

Posting Komentar

 
Support : coba ku banyangkan | gresik-satu template | gresik-satu template
Copyright © 2011. gresik-satu - Oke 86
Perubah Template Oleh gresik-satu.blogspot.com Publikasi oleh gresik-satu.blogspot.com
Kekuatan oleh gresiksatu