Headlines News :
Home » , » Semen Indonesia Borong Penghargaan IGA 2013

Semen Indonesia Borong Penghargaan IGA 2013

Written By gresik satu on Selasa, 25 Juni 2013 | Selasa, Juni 25, 2013

GRESIK- Penghargaan Indonesia Green Award 2013 (IGA) untuk empat kategori sekaligus disabet oleh PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (PTSI) sebagai Perusahaan Pelestari Sumber Daya Air, Pelestari Energi Terbarukan, Pelestari Keanekaragaman Hayati, dan Pelopor Pencegahan Polusi.
Sebab, PTSI dinilai tidak sekedar mengejar target perolehan keuntungan, namun tetap peduli terhadap pelestarian lingkungan.
Direktur Utama PTSI, Dwi Soetjipto mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi pemberian penghargaan ini. Pasalnya, dari tujuh kategori penghargaan, perusahaannya meraih empat penghargaan.
"Patut disyukuri dan sudah seharusnya sebagai pelaku industri wajib konsern di bidang ini. Banyak kegiatan-kegiatan perusahaan yang difokuskan agar bisa berkontribusi terhadap kepentingan lingkungan dan masyarakat sekitar. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung kinerja korporasi di bidang lingkungan. Kedepan korporasi harus bisa meningkatkan pencapaian kinerja lingkungan agar dapat memberikan manfaat yang lebih baik," ungkapnya dalam rilisnya, Selasa (25/06).
Sekadar diketahui, inovasi pengelolaan lingkungan yang dilakukan oleh SI misalnya, pemanfaatkan limbah industri yang tergolong bahan berbahaya fdan beracun (B3) seperti Cooper Slag, Fly Ash, Cement Retarder menjadi bahan baku substitusi menggantikan pasir besi, pasir silika, dan gipsum alam. Bahkan untuk kebutuhan energi pada proses pembakaran, perusahaan telah menggunakan bahan bakar alternative dari limbah pertanian dan lainnya seperti sekam padi, serbuk kayu, sabut kelapa, kulit mede, limbah tembakau, oil sludge dan lainnya.
Selain itu, perusahaan berencana memanfaatkan sampah kota terutama dari dua kota di mana perseroan banyak beraktivitas, yaitu Gresik dan Tuban akan diolah menjadi refuse derived fuel (RFD) untuk mengurangi kebutuhan bahan bakar batubara yang selama ini dipakai perusahaan.
"Perusahaan menerapkan konsep "waste to zero," saat ini berencana untuk terus meningkatkan efisiensi dengan menggunakan bahan bakar non fosil dari setiap proses produksi yang juga bermanfaat bagi lingkungan, " ungkapnya.
PTSI saat ini dalam porsi penggunaan energi alternatif sudah mencapai 5%-8% dari total kebutuhan energi perseroan yang menyedot tidak kurang dari 2 juta ton batubara per tahun. Ke depan  akan terus ditingkatkan dan berharap bisa mencapai minimal 10%, sehingga perusahaan bisa lebih menghemat bahan bakar.(sho)

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : coba ku banyangkan | gresik-satu template | gresik-satu template
Copyright © 2011. gresik-satu - Oke 86
Perubah Template Oleh gresik-satu.blogspot.com Publikasi oleh gresik-satu.blogspot.com
Kekuatan oleh gresiksatu