Headlines News :
Home » » SG Terima Proper Emas

SG Terima Proper Emas

Written By gresik satu on Selasa, 04 Desember 2012 | Selasa, Desember 04, 2012

GRESIK-Jelang tutup tahun 2012, PT Semen Gresik Tbk (SMGR) panen penghargaan. Salah satunya, penghargaan Proper Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH)bagi perusahaan di Indonesia yang memiliki kepedulian tinggi di bidang pengelolaan lingkungan hidup.
”Penghargaan ini menjadi bukti bahwa dalam pengelolaan lingkungan, perseroan tidak hanya mengikuti standar-standar yang ditetapkan, tapi telah melakukan praktik terbaik yang terpadu dan berkelanjutan,” ujar Dirut SG, Ir. Dwi Soetjipto dalam rilisinya, Selasa (4/13).
Ditambahkan, pihaknya terus meningkatkan tata kelola lingkungan yang berkualitas demi terciptanya praktik bisnis yang berkelanjutan. Sebab, SG menyadari sepenuhnya bahwa pengelolaan lingkungan yang baik akan mewujudkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.
”Perusahaan yang tak peduli pada lingkungan pasti akan rugi sendiri. Semen Gresik telah membuktikan, dengan mewujudkan green industry, bisnis kami bisa terus tumbuh membesar dan mampu menjadi pemimpin pasar di industri semen nasional,” jelasnya.
Menurut Dwi Soetjipto,bahwa, perusahaan tidak akan rugi jika punya concern tinggi ke lingkungan. Sebab, pengelolaan lingkungan tidak boleh dianggap sebagai cost center, tapi bentuk tanggung jawab untuk menjaga bumi sekaligus memastikan keberlanjutan bisnis.
“Tanpa ada alam yang lestari dan lingkungan sosial yang kondusif, mustahil perusahaan bisa beroperasi dengan baik,” tandasnya.
PT. Semen Gresik, sambung Dwi, menempatkan lingkungan sebagai pilar perusahaan. Praktik bisnis yang dijalankan kelompok usaha semen terbesar di Indonesia itu berbasis pada tiga pilar atau triple bottom line, yaitu profit, planet atau pelestarian lingkungan dan people atau pemberdayaan masyarakat.
” Pengelolaan lingkungan dan pengelolaan sosial merupakan pilar - pilar dalam Sistem Mutu Semen Gresik, disamping pilar kinerja ekonomi, oleh karenanya di Semen Gresik pengelolaan lingkungan dan sosial sudah menyatu dengan profit,” ujarnya.
Ke depan, janji Dwi, perseroan akan semakin giat meningkatkan tata kelola lingkungan. Apalagi, saham Semen Gresik juga sudah masuk Indeks Sri-Kehati, indeks 25 saham dari perusahaan-perusahaan yang dinilai mempunyai komitmen tinggi terhadap keberlanjutan lingkungan.
Sekadar diketahui, Proper (Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan) adalah program rutin yang diselenggarakan KLH untuk mendorong penaatan perusahaan dalam pengelolaan lingkungan. Peringkat kinerja Proper dibedakan dalam lima tingkatan, yaitu hitam, merah, biru, hijau, dan emas.
Proper biru diberikan kepada perusahaan yang dalam pengelolaannya sesuai standar yang ditetapkan oleh KLH. Proper hijau diberikan kepada perusahaan yang dalam pengelolaannya diatas standar yang ditetapkan oleh KLH. Peringkat tertinggi adalah emas yang diberikan kepada perusahaan yang dalam pengelolaannya diatas standar yang ditetapkan oleh KLH serta melaksanakan Corporate Social Responsibility (CSR).
Indikator penilaian kinerjanya beragam, mulai dari pengendalian pencemaran air dan udara, pengelolaan dan pemanfaatan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), efisiensi energi, konservasi air, perlindungan keanekaragaman hayati, pemberdayaan masyarakat, hingga penanggulangan kerusakan lingkungan.
Penilaian Proper periode 2011-2012 dilakukan terhadap 1.317 perusahaan, mulai dari perusahaan sektor pertambangan, energi, manufaktur, agroindustri, kawasan, hingga jasa. Jumlah perusahaan yang dinilai pada periode kali ini meningkat dibanding tahun sebelumnya yang hanya 1.002 perusahaan. Dari 1.317 perusahaan tersebut, terdapat 12 perusahaan yang meraih Proper Emas, termasuk PT. Semen Gresik.(sho)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : coba ku banyangkan | gresik-satu template | gresik-satu template
Copyright © 2011. gresik-satu - Oke 86
Perubah Template Oleh gresik-satu.blogspot.com Publikasi oleh gresik-satu.blogspot.com
Kekuatan oleh gresiksatu