Headlines News :
Home » » PKB Over Kuota Bacaleg

PKB Over Kuota Bacaleg

Written By gresik satu on Sabtu, 20 April 2013 | Sabtu, April 20, 2013

GRESIK-Kembalinya kekuatan PKB di Kabupaten Gresik yang sempat tercerai berai, berimbas membludaknya calon legislatif yang mendaftar melalui DPC PKB Gresik. Alhasil, terjadi over kuota bakal calon legislatif (Bacaleg) yang memeras otak dari tim mantap (majelis penetapan) DPC PKB Gresik.
Sebab, tim mantap harus menyeleksi dengan berbagai pertimbangan matang sebelum memutuskan mencoret Bacaleg sebelum disetorkan ke KPUD Gresik dalam daftar calon sementara (DCS).
Fakta tersebut tidak ditampik oleh salah satu anggota tim mantap, Ainur Rofiq yang mengakui ada beberapa Bacaleg di suatu daerah pemilihan (Dapil) yang over kuota.
"Seperti di Dapil I (Gresik-Kebomas) ada kelebihan 1 Bacaleg. Kuota kursi hanya 7, tetapi Bacaleg yang masuk ada 8,"tukasnya dengan ekspresi serius di kantor DPC PKB Gresik, Sabtu (20/04).
Dapil lainnya yang kelebihan Bacaleg, kata alumni Ponpes Tebuireng tersebut yakni Driyorejo-Wringinanom ada kelebihan 1 Bacaleg. Kemudian Dapil II yakni Tambak Sangkapura dari
Dapil 7 kelebihan 3 kuota 4 kursi, ada 6 Bacaleg.
"Yang paling banyak, dapil VII (Sidayu-Bungah-Manyar) kelebihan 3 Bacaleg,"urainya.
Diakui Ainur Rofiq, tak mudah untuk mencoret seorang Bacaleg. Untuk itu, perlu pertimbangan yang matang sehingga PKB menjadi partai yang besar di Gresik.
"Kita akan panggil Bacaleg dari dapil yang kelebihan Bacaleg. Lalu, dikompromikan dengan baik. Demii kebesaran dan kejayaan PKB,"pungkasnya.
Dari berbagai dapil yang over kuota, lanjut Ainur Rofiq, didominasi Bacaleg berkelamin laki-laku. Sedangkan Bacaleg berjenis kelamin perempuan, sudah mencukkupi.
"Kelebihannya (Bacaleg) memang laki-laki. Kalau perempuan, kita sudah cukup dan bisa memenuhi ketentuan 30 persen,"ulasnya.
Sebagaimana diketahui sebelumnya, DPC PKB Gresik menargetkan 20 kursi dari jatah 50 kursi di parlemen Gresik dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 2014. Dan Tim Karteker DPC PKB Gresik optimis karena bersatunya kekuatan PKB dengan NU.
Apalagi kekuatan PKB yang sempat tercerai-berai, kini telah kembali bersatu. Bahkan, bakal caleg (!acaleg) yang telah terdaftar di PKB, merupakan representasi NU, Banom hingga dari kalangan profesional.
Rencananya, Bacaleg DPRD Gresik dari PKB Gresik didaftarkan ke KPUD Gresik pada Minggu (21/04) ini. Semua Bacaleg diharapkan hadir dan bersama-sama mendaftarkan ke KPUD Gresik.(sho)


Share this post :

Posting Komentar

 
Support : coba ku banyangkan | gresik-satu template | gresik-satu template
Copyright © 2011. gresik-satu - Oke 86
Perubah Template Oleh gresik-satu.blogspot.com Publikasi oleh gresik-satu.blogspot.com
Kekuatan oleh gresiksatu