Headlines News :
Home » » Dewan Komitmen Wujudkan Pembangunan Stadion Gunung Lengis

Dewan Komitmen Wujudkan Pembangunan Stadion Gunung Lengis

Written By gresik satu on Rabu, 15 Mei 2013 | Rabu, Mei 15, 2013


GRESIK- Komitmen tinggi tetap dijunjung oleh DPRD Gresik dalam mewujudkan proyek mercusuar pembangunan Stadion Gunung Lengis,  sesuai dengan visi dan misi Bupati Gresik yang tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) 2010-2015. Bahkan, launching pembangunan telah dilakukan dengan ditandai Istighotsah dan santuanan anak yatim di lokasi proyek Stadion Gunung Lengis.
Sebab, proyek multiyears yang didanai APBD Gresik Tahun 2012 - 2015 sebesar Rp. 260 milyar melalui tahun jamak tersebut, prosesnya sudah melalui persetujuan dari DPRD Gresik yang dituangkan dalam memorandum of undersatnding (MoU) atau nota kesepakatan bersama.
Kendati demikian, DPRD Gresik sebagai mitra kritis dari eksekutif  tetap melakukan fungsi controlling dalam impelementasinya. Mulai dari pemaparan rencana pembangunan proyek Stadion Gunung Lengis, pelaksanaan maupun penyerapan anggaran dalam APBD Gresik sesuai dengan kesepakatan.
Misalnya, penyerapan anggaran pada APBD Gresik Tahun 2012 yang telah dialokasikan atau di plotting sebesar Rp. 60 milyar. Kenyataannya, eksekutif tidak mampu menyerap anggaran secara maksimal sehingga dana yang tersisa dimasukkan dalam sisa lebih penggunaan anggaran (SiLPA). Penyerapannya sangat kecil karena hanya digunakan untuk perencaanaan dan manajemen konstruksi.
Namun, eksekutif tidak memasukkan sisa anggaran keseluruhan dalam SiLPA agar diakumulasikan dalam APBD Gresik Tahun 2013 yang juga dialokasikan anggaran sebesar Rp. 60 milyar. Tentu saja, hal tersebut tidak sesuai dengan kesepakatan yang dibuat bersama eksekutif dan legislatif. Sebaliknya, eksekutif merencanakan SiLPA dari penyerapan anggaran pada APBD Gresik Tahun 2012 diakumulasikan dalam APBD Gresik Tahun 2014 mendatang.
Untuk menghindari permasalahan di kemudian hari, DPRD Gresik berinisiatif melakukan konsultasi ke Kementerian terkait. Sebab, dewan juga tidak mau ada permasalahan di kemudian hari ketika kesalahan pola dalam penganggaran akibat kesalahan penyerapan yang telah disepakati.
"Tidak ada masalah. Karena tahun jamak. Apalagi sudah ada penyerapan untuk perencanaan dan managemen konstruksi,"ujar Ketua Komisi C, Ir.H.Abdul Hamid dengan serius, Rabu (15/05).
Untuk itu, dewan tetap mendukung pembangunan Stadion Gunung Lengis tersebut.(sho)

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : coba ku banyangkan | gresik-satu template | gresik-satu template
Copyright © 2011. gresik-satu - Oke 86
Perubah Template Oleh gresik-satu.blogspot.com Publikasi oleh gresik-satu.blogspot.com
Kekuatan oleh gresiksatu