Headlines News :
Home » » Siswa Diajari Panen Sayuran

Siswa Diajari Panen Sayuran

Written By gresik satu on Kamis, 16 Mei 2013 | Kamis, Mei 16, 2013

GRESIK-Pelajaran di luar kelas menjadi ajang pembelajaran yang bagus bagi siswa-siswi. Sebab, mereka dapat melakukan observasi hingga praktek langsung di lapangan.
Salah satu tempat yang seringkali menjadi jujugan dari sekolah untuk pelajaran outdoor yakni Pusat Penelitian Lingkungan Hidup (PPLH) PT. Semen Gresik yang berada di sebelah Telaga Ngipik Kelurahan Ngipik Kecamatan Kebomas.
Sebab, selain varian tanaman yang dibudidayakan cukup banyak, juga siswa dapat melakukan praktek menanam hingga memanen tanaman yang ada.
Seperti yang dilakukan oleh SD Muhammadiyah 2 Gresik Kota Baru (GKB) dengan mengajak ratusan siswanya kelas 1 ke PPLH Semen Gresik untuk dikenalkan secara langsung tentang berbagai jenis tanaman dan berkebun.
Sebelum melakukan praktek menanam Rosella dalam polybags, siswa terlebih dulu diberikan penjelasan mulai cara menanam Rosella dalam poly bags maupun cara merawatnya.
Pelajaran lain yang diterima yakni pengenalan tanaman jarak yang dapat diolah menjadi bahan bakar alternatif.
Menurut guru pembimbing siswa dalam kegiatan tersebut, Evi Mutmainah yang menuturkan bahwa siswa sudah dikenalkan aneka tanaman dikelas. Untuk itu, mereka dharus ditunjukkan tanaman yang asli serta cara memanen.
"Nanti, langsung dibuat praktek masak di sekolahan. Berarti, penggabungan beberapa bidang study", jelasnya disela-sela mendampingi siswanya prakatek panen sayuran di PPLH Semen Gresik, Kamis (16/05) .
Tak heran, kegembiraan terpancar diwajah siswa ketika diajak memanen sayuran jagung dan kangkung. Mereka sangat antusias dalam praktek panen sayuran tersebut.(sho)


Share this post :

Posting Komentar

 
Support : coba ku banyangkan | gresik-satu template | gresik-satu template
Copyright © 2011. gresik-satu - Oke 86
Perubah Template Oleh gresik-satu.blogspot.com Publikasi oleh gresik-satu.blogspot.com
Kekuatan oleh gresiksatu