Headlines News :
Home » » 8 Guru TK Ciptakan Permainan Anak Wakili Jatim di Porseni Nasional

8 Guru TK Ciptakan Permainan Anak Wakili Jatim di Porseni Nasional

Written By gresik satu on Rabu, 27 November 2013 | Rabu, November 27, 2013

GRESIK- Sebanyak 8 guru Taman kanak-kanak dari Ikatan Guru Taman kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Kecamatan Gresik mewakili Jawa Timur untuk berlaga pada Porseni Nasional VIII di Jakarta berkat permainan Tikus Ting-ting dan Tikus Tong-tong,
Sebelum berangkat, mereka diantar oleh Kepala Dinas Pendidikan Gresik, Nadhlif beserta pengurus PGRI dan IGTKI Gresik berpamitan kepada Bupati yang diterima Wakil Bupati (Wabup) Drs. Moh Qosim, M.Si di kantornya, Rabu (27/11).
Tim Gresik menjadi juara I permainan anak ciptaan guru menyisihkan 38 kabupaten kota se Jawa Timur pada kompetisi Porseni tingkat Propinsi Jawa Timur tahun 2013.
Menurut Kadisdik Gresik, Nadhif, ada 8 guru yang akan memperagakan permainan ini saat kompetisi Porseni Nasional VIII di Jakarta.
Mereka adalah Lisa Isnani, Lili Fatmawati, Anisatul Kamiliyah, Lailatul Faizah, Latifah Anggraini, Cicik Rahmawati, Sulikah dan Elly Afifah yang semuanya guru TK dibawah naungan di IGTKI Kecamatan Gresik.
Terkait permainan anak ciptaan guru,tersebut, Ketua IGTKI Gresik, Habibah Farhan menjelaskan, bahwa, adalah tikus ting-ting dan tikus tong-tong. Adalah permainan yang menuntut anak bisa menjadi pemimpin, kreatif, kuat, dan mau bekerjasama antar teman.
Permainannya, diawali pemilihan 2 kandidat oleh anak-anak-anak sekelas. Setelah terpilih maka 2 anak yang dipilih memerankan menjadi tikus ting-ting dan tikus tong-tong.
Dua anak inilah yang akan berkompetisi dengan dibantu dukungan teman-temannya yang memilih. Disinilah banyak muncul permainan kreatif. Para pemain biasanya ditandai dengan memakai topeng.
Permainan ini mengandalkan adu ketangkasan seakan mempertandingkan tikus ting-ting dan tikus tong-tong untuk beradu cepat.
Misalnya adu cepat dalam mengumpulkan jagung, adu cepat berjalan sambil merayap dan lain sebagainya.
"Permainan bisa ditambah sesuai kretaivitas guru dan keinginan anak yang ada dalam arena permainan tersebut. Dan pemenangnya mereka yang terbaik. Misal terbaik mengumpulkan jagung, tercepat dengan ditandai lebih banyak mengumpulkan bendera dan lain-lain,"ujar Lisa Irna Isnani yang ikut membidani terciptanya permainan ini.
Sementara itu, Wabup Moh Qosim mengingatkan agar mereka nyiapkan mental sebaik-baiknya.
"Karena mental yang siap akan melahirkan power. Yang penting anda dapat mengintip kelemahan lawan dan memperbaiki kelemahan anda,"tandasnya.(sho)

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : coba ku banyangkan | gresik-satu template | gresik-satu template
Copyright © 2011. gresik-satu - Oke 86
Perubah Template Oleh gresik-satu.blogspot.com Publikasi oleh gresik-satu.blogspot.com
Kekuatan oleh gresiksatu