Headlines News :
Home » » SL PTT Hanya Tingkatkan 30 persen Panen

SL PTT Hanya Tingkatkan 30 persen Panen

Written By gresik satu on Senin, 09 April 2012 | Senin, April 09, 2012


GRESIK- Sekolah Lapang Pengelolaan Lapang Terpadu (SL PTT) terbukti mampu meningkat panen hingga  30% lebih dari biasanya. Pengakuan tersebut disampaikan oleh Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan)  Desa Raci Wetan Kecamatan Bungah, A. Zaini melalui kabag Humas, Andhy Hendro Wijaya, Senin (9/4) saat panen raya padi  yang dilakukan oleh Wakil Bupati Drs. Moh Qosim, M.Si.
Klaim senada dilontarkan oleh Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan (Dishutbun) Gresik Agus Joko Waluyo yang menyatakan,bahwa, hasil pengukuran panen disitu menghasilkan 10,4 ton/ha Gabah Kering panen (GKP) atau sekitar 9 ton/hektar gabah kering giling. Jumlah ini meningkat dari hasil panen  rata-rata Kabupaten Gresik yang hanya 6,1 ton/ha gabah kering giling.
“Perhitungan kami, saat ini Gresik surplus produksi sekitar 200.000 ton. Hal ini bisa dilihat dari produksi setahun yang mencapai 330.000 ton. Sedangkan konsumsi masyarakat Gresik sekitar 130.000 ton pertahun. Jumlah ini dalam perhitungan rata-rata 6,1 ton/ha dengan luas areal tanaman padi di Gresik seluas 62.000 hektar, kami berharap hasil panen di Gresik dapat mendekati hasil yanag sama,”ujarnya.
Di Gresik, kata Agus Djoko Waloyo, terdapat 305 unit program SL PHT. 5 unit diantaranya ada di desa Raci Wetan Kecamatan Bungah. Dalam program ini, setiap unit SL PHT ada 25 ha areal padi yang akan dibantu baik dalam tehnik produksi maupun sarana produksi.
”Untuk di Desa Raciwetan ini saja total produksi 1747,5 ton dari 233 ha areal tanaman padi yang ada. Sedangkan di kecamatan Bungah ada 1235 ha areal padi yang siap panen,” katanya.(sho)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : coba ku banyangkan | gresik-satu template | gresik-satu template
Copyright © 2011. gresik-satu - Oke 86
Perubah Template Oleh gresik-satu.blogspot.com Publikasi oleh gresik-satu.blogspot.com
Kekuatan oleh gresiksatu