Headlines News :
Home » , » Wanita Indonesia Enggan Pakai Kontrasepsi

Wanita Indonesia Enggan Pakai Kontrasepsi

Written By gresik satu on Jumat, 11 Mei 2012 | Jumat, Mei 11, 2012

GRESIK-Kesadaran wanita di Indonesia masih tinggi untuk menggunakan kontrasepsi masih rendah. Hanya sekitar 61,40 persen Tak heran, rata-rata angka kelahiran 2,4 sampai 2,6 perwanita. Demikian disampaikan  Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat DR dr Sugiri Syarief MPA saat menutup Pesona Jawara Mupen On The Road 2012 di SOR Tri Dharma Petrokimia Gresik, Jum’at (12/5). Untuk itu, pihaknya berharap dapat optimal sosialisasi program KB melalui program pesona mobil unit penerangan BKKBN 2012.

 “Program Pesona Jawara Mupen On The Road bakal mampu kembali menguatkan para wanita untuk aktif ber-KB. Karena selama ini ada keengganan wanita ber-KB,” ujarnya, kemarin.

Kegiatan Pesona Jawara Mupen On The Road 2012 bertujuan mengoptimalkan operasionalisasi Mobil Unit Penerangan Kependudukan dan Keluarga Berencana (MUPEN KKB) sebagai  sarana kampanye program KKB di sepanjang Pulau Jawa hingga Pulau Madura. Juga dapat meningkatkan sosialisasi ke masyarakat akan manfaat ber-KB.

Program Pesona Jawara Mupen On The Road 2012 merupakan kerjasama dengan Dewan Pengurus Nasional (DPN) Apindo. Deputy Chairperson DPN Apindo Nina Tursina mengatakan, kerjasama yang dilakukan dengan BKKBN adalah bagian dari memasyarakatkan program KB ke perusahaan-perusahaan. Sehingga perusahaan menjadikan program KB sebagai program utama ke karyawannya.

“Diantara poin yang kami sepakati adalah restrukturisasi program KB. Juga supaya ada program dari perusahaan untuk metode KB bagi kaum pria. Sehingga harapannya mampu menekan angka kelahiran di Indonesia,” katanya mewakili Ketua DPN Apindo, Sofyan Wanandi.

Sementara itu, Bupati Sambari Halim Radianto dalam sambutannya menambahkan, masyarakat tidak perlu takut ber-KB. Kabar bahwa KB membuat wanita kian gemuk, kulit rusak hingga mempengaruhi kesehatan reproduksi wanita, hanya mitos belaka. Sehingga tidak perlu menghiraukan akan hal itu.

“Gresik ini termasuk daerah yang kecil angka kelahirannya. Hanya pertumbuhan pendudukanya tinggi karena factor migrasi. Sebab, Gresik merupakan daerah industri,” tukasnya.

Ketua Panitia Pesona Jawara Mupen On The Road 2012 Dra Hj Paulina JS, MM mengatakan, Pesona Jawara merupakan kegiatan kampanye program KKB yang dilakukan secara terpadu. Kegiatan ini melibatkan lintas komponen dan lintas sektor pusat dan daerah.

“Tujuannya untuk menggerakkan kembali program kependudukan dan KB, dengan memanfaatkan secara optimal operasional MUPEN KKB. Pulau Jawa dan Madura dijadikan sasaran kegiatan karena 58% penduduk di Indonesia saat ini berada di pulau ini yang luasnya tujuh persen dari luas negara Indonesia.  Itu sama artinya, setiap kilometer persegi dihuni oleh 1.055 orang,” ujarnya.(sho)


Share this post :

Posting Komentar

 
Support : coba ku banyangkan | gresik-satu template | gresik-satu template
Copyright © 2011. gresik-satu - Oke 86
Perubah Template Oleh gresik-satu.blogspot.com Publikasi oleh gresik-satu.blogspot.com
Kekuatan oleh gresiksatu