Headlines News :
Home » , » Dewan Desak Pendirian BUMD PT. Gresik Samudera

Dewan Desak Pendirian BUMD PT. Gresik Samudera

Written By gresik satu on Rabu, 25 Juli 2012 | Rabu, Juli 25, 2012

GRESIK- Dewan desak eksekutif segera mendirikan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT. Gresik Samudera (GS) yang bergerak di bidang kepelabuhanan. Pasalnya, selaras dengan harapan Bupati Dr. Ir. Sambari Halim Radianto, ST, M.Si yang menginginkan Pemkab Gresik mengoperasikan dan memiliki kapal penyeberangan sendiri.  
Dengan memiliki BUMD yang bergerak dibidang kepelabuhanan, harapan tersebut mudah terealisasi dengan cepat.  Selain itu, tidak menganggu struktur organisasi (SO) di lingkungan Pemkab Gresik karena bentuknya badan usaha milik daerah (BUMD) bukan unit pelaksana teknis (UPT) yang strukturnya berada di salah satu satuan kerja perangkat  daerah (SKPD).
“Dasar hukum pendirian BUMD PT. Gresik Samudera sangat jelas yakni Perda No. 05 Tahun 2005,”ujar Ketua DPRD Gresik, H. Zulfan Hasyim, SH MH dengan roman berbinar, Rabu (25/7).
Ditambahkan putra asli Bawean ini, eksekutif harus segera menindaklanjuti Perda No. 05 Tahun 2005 dengan mengajukan peraturan daerah (Perda) sekaligus anggarannya dari APBD Gresik yang dialokasikan sebagai penyertaan modal pada BUMD PT. Gresik Samudera. Selanjutnya, melakukan rekrutmen secara transparan untuk jajaran direksi PT Gresik Samudera yang profesional dalam  menjalankan bisnis.
Menurut politisi dari F-PKB ini, bidang usaha GS tidak sebatas mengoperasikan kapal penyeberangan untuk melayani masyarakat ke Pulau Bawean, tetapi menangkap peluang bisnis lainnya dibidang kepelabuhanan. Misalnya, melayani jasa pandu dan tunda, jasa ekspedisi, pelabuhan, lapangan penyimpanan dan penumpukan peti kemas dan masih banyak lainnya.  
Kalaupun alokasi anggaran dari APBD Gresik untuk penyertaaan modal sangat terbatas, lanjut Zulfan Hasyim, maka direksi GS dapat melakukan berbagai strategi bisnis melalui kerjasama dengan pihak lain maupun sistim build, operation and take over (BOT).  
“Jadi, pendirian BUMD PT. Gresik Samudera untuk memaksimalkan peluang dari sektor kepelabuhanan sebagai sumber pendapatan asli daerah (PAD) yang potensial,”tegasnya.
Untuk mewujudkan perusahaan daerah yang sehatt, sambung Zulfan Hasyim, maka jajaran managemen dalam BUMD PT. Gresik Samudera harus qualified serta jauh dari kepentingan politik salah satu partai politik maupun kekuasaan. Dengan menempatkan tenaga profesional yang mengelola BUMD tersebut, maka potensi yang luar biasa dari sektor kepelabuhanan akan memberikan kontribusi yang jelas bagi PAD Kabupaten Gresik.Imbasnya, meningkatkan kesejahteraan masyarakat Gresik.(sho)   
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : coba ku banyangkan | gresik-satu template | gresik-satu template
Copyright © 2011. gresik-satu - Oke 86
Perubah Template Oleh gresik-satu.blogspot.com Publikasi oleh gresik-satu.blogspot.com
Kekuatan oleh gresiksatu