Headlines News :
Home » » 5 Kabupaten Masuk Daerah Tertinggal

5 Kabupaten Masuk Daerah Tertinggal

Written By gresik satu on Minggu, 30 September 2012 | Minggu, September 30, 2012



GRESIK-Sebanyak 5 Kabupaten di Jawa Timur dikategorikan sebagai daerah tertinggal. Untuk itu,  Kementerian Negera Percepatan Daerah Tertinggal (PDT) bakal melakukan percepatan pembangunan infrastruturnya. Demikian ditegaskan Menteri Negara Percepatan Daerah Tertinggal (Menneg PDT), Ir HA Helmy Faisal Zaini di sela-sela Haul Akbar Pondok Pesantren Bumi Aswaja Desa Wonokerto Kecamatan Dukun.
Secara nasional, sambung pejabat dari PKB itu, daerah yang berstatus tertinggal ada 183 Kabupaten. Dari jumlah tersebut, sekitar 70 persen berada di Indonesia bagian Timur. Sedangkan daerah dengan status tertinggal di Jawa Timur  yakni Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Situbondo dan Bondowoso.
“Disebut berstatus tertinggal, karena ada kekurangan insfrastruktur. Diantaranya sebagian desanya ada yang belum saluran air bersih, listrik belum ada, hingga sarana dan prasarana transportasinya kurang. Namun, secara keseluruhan indek kepuasan di Jawa Timur cukup baik,” ungkapnya didampingi Seketraris Dewan Syuro DPP PKB, Andi M. Ramly setelah meresmikan SMK Bumi Aswaja.
Helmi Faizal juga menyebut, selain 70 persen di kawasan Indonesia Timur, sisanya sekitar 30 persen berada di kawasan Indonesia Barat. Yaitu di Jawa Barat antara lain Banten, Pandegelang, Garut, dan Sukabumi. Sedang untuk daerah tertinggal di Jawa Tengah, dia menyatakan tak ada, hanya Kabupaten Banjarnegara yang masuk dalam pembinaan selama tahun.
“Rata-rata kawasan desa yang masih minim. Kalau kami hitung sampai saat ini ada 26 ribu desa yang berstatus tertinggal dan perlu pembinaan dan percepatan pembangunannya,” tegas dia.
Guna mengentaskan daerah tertinggal itu, sambung Menneg PDT telah mengalokasikan anggaran senilai Rp1,3 triliun. Dia mengharapkan dukungan dari pihak ketiga, dari kalangan pengusaha agar program corporate social responsibility (CSR) diarahkan ke daerah tertinggal.
”Kalau mengharapkan dari APBN terlalu kecil. Maka itu untuk membantu mempercepat pembangunan harus ada partisipasi dari swasta,” ujarnya.(sho)

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : coba ku banyangkan | gresik-satu template | gresik-satu template
Copyright © 2011. gresik-satu - Oke 86
Perubah Template Oleh gresik-satu.blogspot.com Publikasi oleh gresik-satu.blogspot.com
Kekuatan oleh gresiksatu