Headlines News :
Home » » Jambore Sepeda Kebo Berhadiah Kebo

Jambore Sepeda Kebo Berhadiah Kebo

Written By gresik satu on Minggu, 23 September 2012 | Minggu, September 23, 2012



GRESIK-Sekitar 2000 pecinta sepeda onthel kuno dari berbagai kota di Indonesia, 
mengikuti jambore nasional menjelajahi Kota Gresik, Minggu (23/9). Menurut Ketua Pembina Paguyuban Sepede Kebo Gresik (Pasekgres) Letkol Arh Eko Wibowo Kusrianto mengatakan kepada wartawan,bahwa, tujuan kegiatan jambore onthel kuno untuk melestarikan sepeda kuno serta memumpuk rasa nasionalisme kebangsaan. Sehingga, peserta yang ikut menggunakan atribut kebangsaan. 
"Sebagian besar peserta memakai atribut perjuangan tempo dulu. Baik itu pejuang atau tentara masa lalu," kata pria yang menjabat Dandim 0817 Gresik itu.
Keunikan jambore onthel yang diselenggarakan di Gresik, ada sepeda buatan tahun 1913 merek Fongrs buatan Belanda yang juga turut dipamerkan. Selain itu, ada juga sepeda buatan 1924 buatan Inggris (SunBeam) yang pada jamannya seringkali dipakai Presiden Indonesia pertama Soekarno. 
"Pada jaman itu sepeda tersebut konon ceritanya sangat laris di pasaran karena pernah dipakai oleh Pak Karno dan harganya pun bisa mencapai Rp 50 juta,"imbuhnya.
Sementara itu, Ketua Pelaksana Jambore Onthel,  Kusnadi kepada wartawan menuturkan,bahwa,  kegiatan jambore ini ke depannya tetap akan dilaksanakan setiap tahun. Bahkan, rencananya mengundang peserta lebih banyak lagi. 
"Saya tidak menyangka jumlah pesertanya cukup banyak. Sebab, pada jambore onthel di Gresik peserta yang ikut ada yang datang dari DKI Jaya, Jabar, Jateng, Jatim, maupun Kalimantan," tandasnya.(sho)

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : coba ku banyangkan | gresik-satu template | gresik-satu template
Copyright © 2011. gresik-satu - Oke 86
Perubah Template Oleh gresik-satu.blogspot.com Publikasi oleh gresik-satu.blogspot.com
Kekuatan oleh gresiksatu