Headlines News :
Home » » Produsen Rotan Tawarkan Kerjasama

Produsen Rotan Tawarkan Kerjasama

Written By gresik satu on Kamis, 20 September 2012 | Kamis, September 20, 2012


Rombongan Bupati Katingan berkunjung ke  Gresik

GRESIK-Rombongan Bupati Katingan Propinsi Kalimantan Tengah, Duwel Rawing berkunjung ke Kabupaten Gresik untuk melakukan penjajakan pemasaran bahan kerajinan rotan untuk suplay industri rotan di Gresik, Kamis (20/9). Mereka diterima Bupati Gresik di ruang Nyai Ageng Pinatih lantai II Kantor Bupati Gresik.
Bupati Katingan, Duwel Raming menyatakan, industri kerajinan rotan di Gresik khususnya dari kecamatan Menganti sangat bagus dan terkenal didaerahnya. Keadaan ini sangat potensial untuk pemasaran hasil hutan di daerahnya berupa rotan.
”Kami perlu adanya kerjasama agar pengrajin Gresik secara kontinyu mau membeli hasil hutan berupa rotan dari kami,”katanya.
Selain itu, Bupati Katingan juga menginginkan kerjasama berupa pemberian pembelajaran untuk membuat kerajinan rotan bagi masyarakat Katingan.
“Yang kami mendengar, kerajinan rotan disini sangat bagus. Makanya Kami berharap agar para pengrajin rotan Gresik mau memberikan sedikit ilmunya kepada masyarakat kami,”imbuhnya.
Rotan sangat lekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat setempat di Katingan. Bahkan, masyarakat setempat membudidayakan rotan menjadi tanaman wajib. Sayangnya, harga rotan cenderung tidak stabil.
 “Kadang kalau harga sedang turun, masyarakat katingan enggan memanen hasil hutan ini”tukas Duwel Raming.
Permintaan tersebut mendapat tanggapan serius dari Bupati Dr. Sambari Halim Radianto. Untuk itu, pihaknya berjanji akan membicarakan keinginan tersebut dengan Asosiasi Pengrajin dan Pengusaha Rotan di Gresik.
 “Bagaimanapun, hal ini perlu dibicarakan dengan mereka. Karena mereka yang lebih tahu tentang spesifikasi kebutuhan rotan. Baik itu besaran, harga maupun kwalitasnya,”tuturnya.
Selanjutnya rombingan dari Katingan diantar berkunjung untuk melihat langsung sentra kerajinan rotan di wilayah Kecamatan Menganti. (sho)


Share this post :

Posting Komentar

 
Support : coba ku banyangkan | gresik-satu template | gresik-satu template
Copyright © 2011. gresik-satu - Oke 86
Perubah Template Oleh gresik-satu.blogspot.com Publikasi oleh gresik-satu.blogspot.com
Kekuatan oleh gresiksatu