Headlines News :
Home » » Jelang Idul Adha, Sapi Peliharaan PP Nurul Hidayah Laris

Jelang Idul Adha, Sapi Peliharaan PP Nurul Hidayah Laris

Written By gresik satu on Jumat, 04 Oktober 2013 | Jumat, Oktober 04, 2013

GRESIK-Berkah melimpah dirasakan oleh Yayasan Pondok Pesantren (PP) Nurul Hidayah Pereng Kulon Desa Melirang Kecamatan Bungah menjelang Hari Raya Idul Adha 1434 H. Pasalnya, sapi hasil proses penggemukan disitu, laris dipesan konsumen.
Salah seorang pengasuh PP Nurul Hidayah, Mbah Ma'ruf mengakui jika penggemukan sapi yang sudah berjalan 2 tahun telah memberikan corak tersendiri bagi pesantren. Pondok Pesantren tak hanya berfokus pada belajar ilmu agama dan pengetahuan umum, tetapi juga tak ingin membebani santri untuk melakukan perawatan secara intensif.
"Kita mempekerjakan beberapa orang warga untuk merawat sapi-sapi,"ujarnya kepada awak media, Jun'at (4/10).
Sapi-sapi yang dipelihara bukan hasil sumbangan dari Pemerintah melainkan budidaya pondok yang dikelola dari penjualan tahun lalu.
Sedikitnya, 36 ekor sapi yang siap di jual untuk kurban, sudah laku. Bahkan sekitar 21 ekor sapi yang telah dipesan oleh pembeli.
Untuk kisaran harga bervariasi mulai seharga Rp.13 juta perekor dengan berat 2 kwintal hingga seharga Rp. 24,5 juta perekor dengan berat 6,5 kwintal.
"Biaya paling banyak dalam penggemukan sapi, untuk pakan ternak,"terangnya.
Setiap bulan, Mbah Ma'ruf mengaku harus mengeluarkan biaya sekitar Rp. 4 juta untuk pembelian pakan sapi berupa dedek sebanyak 1,2 ton.(ang/sho)

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : coba ku banyangkan | gresik-satu template | gresik-satu template
Copyright © 2011. gresik-satu - Oke 86
Perubah Template Oleh gresik-satu.blogspot.com Publikasi oleh gresik-satu.blogspot.com
Kekuatan oleh gresiksatu