Headlines News :
Home » » Siswa SD Muhammadiyah GKB Diajari Buat Cobek

Siswa SD Muhammadiyah GKB Diajari Buat Cobek

Written By gresik satu on Jumat, 29 November 2013 | Jumat, November 29, 2013

GRESIK- Siswa kelas 3SD Muhammadiyah GKB dikenalkan bermacam-macam gerabah. Untuk itu, salah seorang pembuat cobek, Ny Malika (55) warga desa Bunderan, kecamatan Sedayu diundang mengajarkan pembuatan gerabah, Jum'at (29/11) yang dilaksanakan di belakang gedung sekolah tersebut
Dia memang sehari-hari menggeluti pembuatan cobek.
Cara pembuatannya, tanah liat sebagai bahan baku terlebih dulu di gilas pakai kakisetelah di campur air supaya lebih lentur sebelum di cetak. Penggilasan juga bertujuan untuk mengeluarkan batu atau kerikil. Tanah liat yang sudah di gilas di ambil secukupnya, lalu diletakkan di atas nampan yang bisa diputar. Selanjutnya, tanah liat ditekan pakai tangan yang di basahi terlebih dahulu oleh air dan terus diputar. Maka jadilah cobek.
Proses selanjutnya dijemur di bawah sinar matahari. Setelah kering sekali,di bakar dalam tungku pembakaran .
"Banyak alat- alat di sekitar kita yang terbuat dari tanah. Salah satunya, ya cobek ini. Bisa juga buat pot bunga , periuk, celengan dan masih banyak lagi. Kami senang sekali berbagi ilmu pada anak-anak ini , termasuk proses awal hingga siap dipergunakan,"ujarnya.
Sementara itu, Wakil kepala SD Muhammadiyah GKB, Sugeng Waras menyatakan bahwa siswa di sekolah tidak hanya menerima teori.
"Setiap Jum'at, selalu kita berikan pelajaran praktek. Dan untuk pembuatan gerabah ini, a kami datangkan ahlinya yang setiap hari berkutat membuat alat yang berbahan baku tanah liat,"jelasnya.(ali/sho)

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : coba ku banyangkan | gresik-satu template | gresik-satu template
Copyright © 2011. gresik-satu - Oke 86
Perubah Template Oleh gresik-satu.blogspot.com Publikasi oleh gresik-satu.blogspot.com
Kekuatan oleh gresiksatu