Headlines News :
Home » , » Kunci Jawaban UN Bocor di Gresik

Kunci Jawaban UN Bocor di Gresik

Written By gresik satu on Rabu, 07 Mei 2014 | Rabu, Mei 07, 2014

GRESIK-Dunia pendidikan di Kabupaten Gresik rentan tercoreng. Pasalnya, ujian nasional (UN) tingkat SMP sederajat diwarnai bocornya kunci jawaban. Bahkan, polisi menemukan kunci jawaban untuk 3 mata pelajaran yang dibawa sekelompok pelajar di Kecamatan Kebomas.
Kunci jawaban tersebut yakni Matematika, Bahasa Inggris dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang di copy dan dipotong-potong menjadi beberapa bagian dan siap diedarkan.
Namun, sekelompok pelajar yang berjumlah sekitar 4 orang tersebut, keburu lari tunggang langgang saat didekati polisi ketika bergerombol di Jalan RA Kartini. Hanya saja, ketika kabur, kunci jawabannya tertinggal dan berhasil diamankan petugas.
"Awalnya petugas curiga dengan gelagat pelajar itu," kata Kasatreskrim Polres Gresik AKP Ayub Diponegoro Azhar dalam ekspos di Mapolres Gresik, Rabu (07/05).
Dijelaskannya, dalam lembar kunci jawaban itu juga tercatat alamat email beserta sandinya.
"Alamat email tertulis di lember kunci jawaban itu," ujarnya.
Alhasil 2 pelajar menjalani pemeriksaan di Unit KBO Sat Reskrim Mapolres Gresik. Namun sayangnya polisi masih enggan membeberkan identitas pelaku dan hasil keterangan yang dilakukan.
"Belum bisa kami jelaskan, masih kami kembangkan. Setelah ini akan kami tindak lanjuti," kata Ayub.
Selain mengamankan barang bukti, polisi juga mengamankan sepeda motor milik pelaku. Namun lagi-lagi polisi enggan membeberkan barang bukti yang telah dikantonginya dengan dalih masih dalam pengembangan.
Ditambahkan Ayub, kunci jawaban unas SMP sederajat itu, masih belum bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.
"Kalau itu kunci jawaban berarti pasal yang dikenakan yakni pasal 322 tentang pembocoran rahasia negara. Jika jawaban itu tidak benar, berarti itu adalah penipuan," jelasnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Gresik M Nadlif kepada wartawan menjelaskan, instansinya belum menemukan adanya bocoran kunci jawaban unas SMP.
"Sampai saat ini belum ada laporan dari pengawas tentang temuan kunci jawaban yang beredar," jelasnya.(sho)

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : coba ku banyangkan | gresik-satu template | gresik-satu template
Copyright © 2011. gresik-satu - Oke 86
Perubah Template Oleh gresik-satu.blogspot.com Publikasi oleh gresik-satu.blogspot.com
Kekuatan oleh gresiksatu