Headlines News :
Home » » Siswa SMK PGRI Gresik Juara Robitka Tingkat Nasional

Siswa SMK PGRI Gresik Juara Robitka Tingkat Nasional

Written By gresik satu on Rabu, 07 Mei 2014 | Rabu, Mei 07, 2014

GRESIK- Kreatifitas 3 siswa Sekolah Menengah Kejuruhan (SMK) PGRI Gresik patut diapresiasi. Sebab, mereja menjuarai lomba robotika tingkat nasional yang diselenggarakan Institut Teknologi Surabaya (ITS) Surabaya.
Ketiganya yakni M Gilang, Ahmad Iqbal Ghozali dan dan M Wildan Nur Karim.
"Semua berkat bimbingan guru-guru yang ada di sekolah. Kita memang suka bermain robot-robotan sejak kecil," ujar M Wildan Nur Karim seraya terus memainkan robot Line Tracer buatannya, Rabu (07/05).
Sebanarnya, tidak ada jurusan elektro maupun robotika disekolahnya. Namun, kegiatan ini hanya diwadahi dalam ekstrakulikuler saja. Selain itu,robot yang diciptakannya ini juga tidak terlalu rumit seperti peserta lomba yang lain. "Robot buatan kami ini sangat mudah. Untuk membuatnya, kami juga banyak menggunakan bahan-bahan yang tidak terpakai seperti fiber glass bekas dan styrofoam (gabus-red) ," ungkapnya.
Robot buatan ketiga siswa tersebut ada dua jenis, yakni robot line tracer yang dapat mengikuti lintasan garis hitam dan robot amfibi yang dapat berenang diair maupun melewati tanjakan.
Untuk robot amfibi, mereka terinspirasi dari tank-tank amfibi serta truk sampah. "Untuk membuat robot ini kami hanya membutuhkan biaya sebanyak Rp 1 juta saja, sedangkan untuk Line tracer lebih murah lagi yakni Rp 500 ribu," terangnya.
Sementara itu, Kepala Sekolah SMK PGRI Gresik Arif Susanto mengatakan, bahwa, sebenarnya tidak ada guru yang memiliki kompentensi di bidang robotika. Karena, tidak ada jurusan elektro di sekolah ini.
"Ini murni kreatifitas siswa mas, kami hanya menyediakan wadah serta pendamping yang juga alumni sekolah ini dan pernah juara III lomba semacam ini," ungkapnya.(sho)

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : coba ku banyangkan | gresik-satu template | gresik-satu template
Copyright © 2011. gresik-satu - Oke 86
Perubah Template Oleh gresik-satu.blogspot.com Publikasi oleh gresik-satu.blogspot.com
Kekuatan oleh gresiksatu