Headlines News :
Home » » Lajnah Falakiyah Persiapkan Alat Rukyat

Lajnah Falakiyah Persiapkan Alat Rukyat

Written By gresik satu on Kamis, 26 Juni 2014 | Kamis, Juni 26, 2014

GRESIK-Jelang datangnya bulan puasa, tim rukyatul hilal dari Lajnah Falakiyah PCNU Gresik melakukan persiapan di bukit Condrodipo di Desa Kembangan Kecamatan Kebomas, Kamis (26/6).
Persipan dilakukan untuk observasi dalam menentukan awal datangnya 1 Ramadan 1435 H. Pelaksanaan rukyatul hilal akan dilaksanakan Jum'at (27/6) ini di balai rukyat bekerjasama dengan Kemenag Gresik.
Rukyatul hilal akan dilaksanakan sore mulai setelah Asar hingga Maghrib. Tim yang melakukan rukyatul hilal berjumlah 40 orang terdiri dari Lajnah Falakiyah NU Gresik, Kemenag Gresik, dan beberapa ormas di Gresik serrta tim pemburu hilal.
Beberapa peralatan yang disiapkan yakni manual total station dan teleskop otomatis motorik. Penggunaan telekop otomatis motorik ini dibantu dengan teodolit untuk memandu posisi hilal.
Selain itu, didukung software astronomi yang secara otomatis bisa mengikuti ketinggian hilal. Software akan terintegrasi dari telekpo ke laptop serta proyektor. Sehingga mempermudah tim pemula yntuk bisa melihat langsung melalui proyektor.
Menurut Koordinator Tim Rukyatul Hilal, Adul Mu'I'd, bahwa, persiapan dilakukan untuk persiapan kegiatan rukyat.
"Karena dalam mensetting peralatan membutuhjanwaktu lama sehingga saat pelaksanaan rukyat seluruh alat sudah siap digunakan,"tandasnya.
Dikatakannya, secara hisab, ketinggian hilal pada waktu Maghrib, 0, 16 derajat. Dari perspektuf astronomi, ketinggian tidak bisa dilihat dengan mata tekanjang.(sho)

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : coba ku banyangkan | gresik-satu template | gresik-satu template
Copyright © 2011. gresik-satu - Oke 86
Perubah Template Oleh gresik-satu.blogspot.com Publikasi oleh gresik-satu.blogspot.com
Kekuatan oleh gresiksatu