Headlines News :
Home » » Buat Alat Perlintasan KA Otomatis

Buat Alat Perlintasan KA Otomatis

Written By gresik satu on Sabtu, 19 Juli 2014 | Sabtu, Juli 19, 2014

GRESIK-Kecelakaan yang disebabkan tak ada palang pintu maupun kelalaian penjaga perlintasan kereta api (KA) menjadi isnpirasi bagi siswa SMK Muhammadiyah Bungah untuk mengurangi kecelakaan dengan mencipatakan alat sebagai pengganti palang pintu ataupun penjaga perlintasan.
Alat yang diciptakan siswa kelas XI yakni Moh Afrizal dan Moh Mujiburrohman ini, tiap paketnya seharga Rp 6 juta dan dinamai palang kereta api otomatis.
Sitim bekerjanya alat yang dipasang 1,5 kilometer menjelang perlintasan, kemudian dipasang sensor sehingga palang menutup otomatis ketika ada kereta lewat. Begitu juga setelah kereta meninggalkan perlintasan dan melewati sensor , maka otomatis palang pintu akan membuka kembali. " Alat yang kita butuhkan tidak rumit dan hanya perlu kejelian serta ketelitian. Kalau alat ini bisa di pasang pada semua persimpangan kereta api , tentu tidak ada kecelakaan yang sampai masinis meninggal,"jelas Mujib (17) siswa. Kelas XII, Sabtu (18/7).
Kepala SMK Muhammadiyah Bungah, Imam Syafii mengaku bangga punya siswa yang kreatif.
"ini kan tugas akhir siswa kelas XI nanti saat kelas XII, kita suruh sempurnakan. Dan rasanya penemuan ini sangat bermanfaat bagi pengguna lalu lintas di jalan raya , " jelasnya.(ali/sho)
Powered by Telkomsel BlackBerry®
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : coba ku banyangkan | gresik-satu template | gresik-satu template
Copyright © 2011. gresik-satu - Oke 86
Perubah Template Oleh gresik-satu.blogspot.com Publikasi oleh gresik-satu.blogspot.com
Kekuatan oleh gresiksatu