Headlines News :
Home » » Semen Indonesia Perkuat Distribusi di Wilayah Sulawesi

Semen Indonesia Perkuat Distribusi di Wilayah Sulawesi

Written By gresik satu on Selasa, 09 September 2014 | Selasa, September 09, 2014

GRESIK-Guna memperkuat jaringan distribusi menjamin ketersediaan pasokan semen, maka PT Semen Indonesia (Persero) Tbk meresmikan Packing Plant  atau pabrik pengemasan  semen yang terletak di Dusun Bakengkeng, Belang-Belang, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat,. Peresmian dilakukan bersama oleh Direktur Utama Semen Indonesia,  Dwi Soetjipto dan Direktur Utama,
Semen Tonasa Andi Unggul Attas  Gubernur Sulawesi Barat Anwar Adnan Saleh, Bupati Mamuju Suhardi Duka,. Packing plant dengan kapasitas 450 ribu ton semen pertahun ini, dibangun secara swakelola sejak Oktober 2013 silam, dengan melibatkan kontraktor-kontraktor lokal. Fasilitas pabrik tersebut diantaranya berupa satu buah silo penyimpanan semen berkapasitas 4.000 ton, dilengkapi satu line rotary packer berkapasitas 2.400 kantong/jam dan satu line curah dengan kapasitas 120 ton/jam, serta dermaga yang bisa disandari kapal dengan kapasitas 8.000 DWT. Dilengkapi juga dengan fasilitas penunjang seperti kantor, bengkel, electrical room dan jembatan timbang. Total investasi yang dikucurkan untuk proyek ini mencapai Rp 68 miliar.   
"Packing plant Mamuju ini akan memperkuat jaringan distribusi dan sebagai upaya kami menjamin ketersediaan pasokan semen, yang diharapkan dapat mengakselerasi pembangunan infrastruktur fisik di wilayah Indonesia Timur, utamanya Sulawesi Barat,"ujar Dirut Semen Indonesia Dwi Soetjipto dalam rilisnya, Selasa (09/09/2014)
Beroperasinya packing plant tersebut merupakan upaya Semen Indonesia dalam mengantisipasi momentum tingginya pertumbuhan konsumsi semen di Sulawesi. Sampai dengan semester 1 2014 tercatat konsumsi semen di wilayah Sulawesi mencapai 2,38 juta ton atau meningkat 3,1% dibanding periode yang sama 2013, sebesar 2,31 juta ton. Pertumbuhan konsumsi ini tertinggi di Indonesia, mengingat konsumsi semen secara nasional pada periode yang sama hanya tumbuh 0,5% dibanding tahun lalu.  
Dengan beroperasinya packing plant diharapkan penjualan semen di Sulawesi, khususnya wilayah Sulawesi Barat dan sekitarnya akan meningkat. Hal ini akan memperkuat posisi Perseroan sebagai market leader yang menguasai sekitar 44 persen pangsa pasar semen nasional. Selain itu pembangunan packing plant Ini adalah bagian dari strategi Perseroan agar semakin dekat ke konsumen (move closer to the customer).
Perseroan akan terus menambah jumlah packing plant dalam rangka menjamin ketersediaan pasokan. Saat ini Perseroan telah mengoperasikan 23 unit packing plant di seluruh wilayah di Indonesia. Khususnya di kawasan Indonesia Timur, Semen Indonesia telah memiliki pabrik pengemasan di Biringkassi Pangkep, Makassar, Bitung, Palu, Ambon, Kendari dan Sorong. Direncanakan pada 2015, total packing plant yang akan beroperasi mencapai 28 pabrik. Hal ini sebagai upaya mengokohkan posisi pasar di industri semen nasional yang semakin kompetitif.
"Rencana pembangunan packing plant tersebut sebagai upaya kami mendukung program pemerintah dalam pemerataan pembangunan. Sehingga, diharapkan kontribusi produk domestik regional bruto (PDRB) kawasan timur kedepannya dapat meningkat dari tahun lalu yang baru mencapai 18,2 persen, lebih rendah dibanding wilayah Indonesia Barat," papar Dwi Soetjipto.(sho)


Powered by Telkomsel BlackBerry®

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : coba ku banyangkan | gresik-satu template | gresik-satu template
Copyright © 2011. gresik-satu - Oke 86
Perubah Template Oleh gresik-satu.blogspot.com Publikasi oleh gresik-satu.blogspot.com
Kekuatan oleh gresiksatu