Headlines News :
Home » » Imbas BBM Naik, Buruh Desak Revisi UMK

Imbas BBM Naik, Buruh Desak Revisi UMK

Written By gresik satu on Senin, 12 Maret 2012 | Senin, Maret 12, 2012


Kadisnaker Edy Purwanto bersama Suyanto

GRESIK-Imbas kenaikan BBM (bahan bakar minyak) yang diberlakukan pemerintah pada April mendatang, semakin menyengsarakan buruh. Untuk itu, mereka mendesak Pemkab Gresik untuk merevisi upah minimum kabupaten (UMK) Gresik tahun  2012.
Ketua Dewan Pimpinan Cabang Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (DPC K SPSI) Gresik, Suyanto kepada wartawan mengatakan, bahwa, sangat logis jika buruh mendesak Pemkab Gresik melakukan revisi UMK Gresik tahun 2012 yang telah ditetapkan sebesar Rp1.257.000,- perbulan. Sebab, akibat kenaikan BBM sebesar Rp1.500,- dipastikan bakal diikuti kenaikan kebutuhan pokok termasuk transportasi.
"Pola pikirnya sederhana. BBM naik maka diikuti kebutuhan barang keseharian naik, termasuk transportasi buruh. Maka besaran UMK (Gresik) Tahun 2012, sudah tidak layak. Harus dilakukan revisi sesuai dengan kebutuhan hidup buruh paska kenaikan BBM," ujarnya dengan ekspresi serius.
Berapa besaran kenaikan UMK yang sesuai ?. Suyanto tidak bisa menyebutkan secara detail. Sebab, hal tersebut harus dilakukan survei kemampuan hidup layak (KHL) terlebih dahulu.
"Saya tidak bisa menyebutkan berapa persen kenaikan UMK revisi dari besaran UMK 2012 yang sudah digedok Gubetnur Jawa Timur. Harus ada survei KHL hingga didapat prosentase yang layak," tegas dia.
Ditambahkan, seluruh organisasi buruh seperti SPN, Sarbumusi, Kahutindo maupun organisasi buruh lainnya yang tergabung Sekretraiat Bersama Serikat Pekerja Serikat Buruh (Sekbet SP-SB) siap turun jalan untuk meminta revisi UMK.
“Kalau tidak direspon Dewan Pengupahan (DP), terpaksa kami akan turun jalan dengan kekuatan kami," ancamnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisnakertrans) Gresik, Edy Purwanto kepada wartawan menyatakan bahwa proses mekanisme revisi UMK sudah diatur yaitu dilakukan setiap tahun. Untuk melakukan revisi, DP Gresik juga menyesuaikan waktu tersebut.
“Kami memahami apa yang dikeluhkan buruh. Apalagi kenaikan BBM juga cukup besar. Namun, semuanya harus dikembalikan ke mekanisme,”tukasnya.(sho)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : coba ku banyangkan | gresik-satu template | gresik-satu template
Copyright © 2011. gresik-satu - Oke 86
Perubah Template Oleh gresik-satu.blogspot.com Publikasi oleh gresik-satu.blogspot.com
Kekuatan oleh gresiksatu