Headlines News :
Home » , » Dewan Buta Progress Pembebasan Lahan Stadion dan Aquatic

Dewan Buta Progress Pembebasan Lahan Stadion dan Aquatic

Written By gresik satu on Senin, 15 Oktober 2012 | Senin, Oktober 15, 2012

GRESIK-Kendati sudah dialokasikan anggaran yang fantastis dalam APBD Gresik tahun 2012, tetapi kalangan dewan masih buta realisasi dari pembebasan lahan untuk mega proyek stadion di Gunung Lengis maupun Aquatic yang direncanakan berada di Jl Wahidin Sudirohusodo.
“Semestinya, kita mengundang hearing Bagian Pemerintahan Umum untuk mendapat gambaran progress report dalam pembebasan lahan Stadion Lengis dan Aquatic itu. Tapi, kita belum pernah memanggil untuk hearing,”ujar anggota Komisi A, Suberi dengan ekpresi serius, Senin (15/10).
Dijelaskannya, anggaran tahun jamak mulai APBD Gresik tahun 2012 untuk stadion Lengis yang telah disepakati total sebesar Rp. 230 milyar. Namun, alokasi tersebut masih ditambah untuk biaya ganti boyong yang dianggarkan sekitar Rp. 1 milyar. Sebab, ada warga yang menempati di lahan yang direncanakan untuk stadion.
“Dalam P-APBD Gresik Tahun 2012, eksekutif mengajukan anggaran lagi sekitar Rp. 9 milyar untuk pembebasan lahan aqutic sekitar Rp. 6 milyar dan ganti rugi bagi warga yang menempati lahan di Gunung Lengis sekitar Rp. 3 milyar,”terangnya.
Namun, sambung Ketua F-Partai Demokrat ini, dewan belum mengetahui dan mendapatkan laporan kemajuan dari proses pembebasan lahan tersebut. Untuk itu, Suberi meminta Komisi A untuk mengundang hearing Bagian Administrasi Pemerintahan Umum Pemkab Gresik agar memperoleh gambaran yang konkrit.
“Apalagi, kami mendapat informasi kalau spekulan sudah menguasai lahan untuk aquatic yang akan dibebaskan,”tukasnya.
Padahal, sambung Suberi, Pemkab Gresik menargetkan kedua mega proyek bisa dimulai pada 2013 mendatang.
Seperti diketahui, Pemkab Gresik ngotot mengajukan anggaran dua megaproyek dengan dalih kesiapan menjadi tuan rumah Asian Games 2019 di Jawa Timur. Untuk proyek stadion di Gunung Lengis senilai Rp 230 milyar yang dananya bersumber dari APBD Gresik. Sedangkan pembangunan SOR Aquatic, anggarannya ditanggung oleh pemerintah pusat tetapi Pemkab Gresik harus mempersiapkan lahannya.(sho)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : coba ku banyangkan | gresik-satu template | gresik-satu template
Copyright © 2011. gresik-satu - Oke 86
Perubah Template Oleh gresik-satu.blogspot.com Publikasi oleh gresik-satu.blogspot.com
Kekuatan oleh gresiksatu