Headlines News :
Home » » PDAM Kebut Proyek Atasi Krisis Air Pelanggan Kota

PDAM Kebut Proyek Atasi Krisis Air Pelanggan Kota

Written By gresik satu on Selasa, 18 Desember 2012 | Selasa, Desember 18, 2012

GRESIK-Target yang dicanangkan Bupati Sambari Halim Radianto ketika pergantian tahun, suplai air PDAM bagi seluruh pelanggan di Kabupaten Gresik sudah lancar, terancam mbleset. Pasalnya, Direksi PDAM hanya berani menarget bisa mengatasi krisis air bagi pelanggan di wilayah perkotaan.
Sebab, PDAM baru bisa menuntaskan penyaluran tambahan air sebanyak 200 liter/detik hasil kerjasama dengan PT Dewata Bangun Tirta (DBT). Tambahan tersebut baru bisa menutup kebutuhan air bagi pelanggan PDAM di Kecamatan Gresik, Kebomas, Manyar, dan Duduk Sampeyan.
"Untuk wilayah lain, kita rencanakan tahap selanjutnya," kata Dirut PDAM Gresik Muhammad kepada wartawan, Selasa (18/1).
PDAM Gresik tengah menyelesaikan seluruh proyek pembangunan sarana penunjang. Yakni pemasangan booster dan koneksi pipa  di tiga titik. Yakni di kawasan Giri dengan, GKB, serta Cerme.
Bahkan, Dirut PDAM Muhammad langsung mengecek ke lokasi untuk memastikan pemasangan boster di Giri yang belum dapat dilaksanakan. Tak heran, tumpukan bekas galian masih menggunung di pinggir jalan.
Sesuai skema yang disiapkan, ketiga pompa ini nantinya difungsikan untuk mendistribusikan tambahan air bersih hasil kerjasama tersebut. Untuk pompa Cerme berkapasitas 500 liter/detik diproyeksikan untuk distribusi air ke wilayah Duduksampeyan dan kota. Sedangkan, untuk pompa di Suci untuk mendistribusikan air ke wilayah Manyar-Meduran. Sementara itu pompa di Giri untuk wilayah Gresik Kota. Dan pompa di Jl Mentawai dijadikan jalur distribusi air bersih bagi pelangan perumahan  di Perum GKB, Perum GKA dan sekitarnya.
Bagaimana tambahan air 200 liter per detik hasil kerjasama dengan PT Drupadi? Muhammad belum berani memastikan.
"Kita upayakan, pertengahan Januari sudah selesai,"tukasnya.
Sesuai rencana, tambahan air dari PT Drupadi sebanyak 200 liter/detik digunakan untuk menutup kebutuhan wilayah Gresik tengah yang meliputi wilayah Menganti-Kedamean, Balongpanggang dan sekitarnya.
Imbas dari kelanjutan proyek penyaluran tambahan kapasitas air bersih, PDAM dijadwalkan bakal menghentikan secara total pendistribusian air bersih. Rencananya, pemadaman ini dilakukan terhadap seluruh pelanggan yang ada di wilayah perkotaan (Gresik, Kebomas, Manyar serta Duduksampeyan).
Pemadaman itu dilakukan selama sehari dan kembali dibuka pada 20 Desember lusa.
"Tapi, kita tidak akan padamkan kalau semuanya belum beres,"tandasnya(sho)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : coba ku banyangkan | gresik-satu template | gresik-satu template
Copyright © 2011. gresik-satu - Oke 86
Perubah Template Oleh gresik-satu.blogspot.com Publikasi oleh gresik-satu.blogspot.com
Kekuatan oleh gresiksatu