Headlines News :
Home » , » Pelayanan Amburadul, Warga Geruduk Rumah Pompa PDAM

Pelayanan Amburadul, Warga Geruduk Rumah Pompa PDAM

Written By gresik satu on Sabtu, 19 Januari 2013 | Sabtu, Januari 19, 2013

GRESIK-Puluhan warga RT. 05, O6,O7 dan RT 08 Perumahan Giri Asri Kecamatan Kebomas ngluruk ke rumah pompa PDAM di Giri yang berada di jalan tambang milik PT. Semen Indonesia, Sabtu (19/1) sore.
Warga marah pada PDAM Gresik karena distribusi air PDAM tidak lancar. Bahkan mampet selama beberapa hari. Sehingga ada dugaan, suplai air untuk warga dialihkan bagi kepentingan salah satu perusahaan swasta raksasa di Gresik.
Penjaga pintu pompa bernama Anton berdalih jaringan pipa PDAM untuk pelanggan disitu, diameternya kecil. Sehingga, air tak dapat mengalir dengan lancar.ke pelanggan di Perum Giri Asri.
Selain itu, ada perubahan jaringan yang awalnya air dari Legundi di kirim ke Cerme, lalu dipompa untuk disimpan dalam tandon di sekitar Putri Cempo.
Dengan memanfaatkan grafitasi bumi dari daratan tinggi ke daratan rendah, air dari tandon di rumah pompa Putri Cempo dialirkan ke pelanggan perkotaan.
Namun, kata Anton, terdapat perubahan jaringan. Kini, air dari Cerme disimpan dalam tandon di rumah pompa Giri yang hanya memiliki kapsitas 1000 meter kubik. Kemudian, air di pompa ke rumah pompa PDAM di Putri Cempo yang letaknya lebih tinggi. Praktis, debitnya menjadi sangat kecil.
Hanya saja, Anton enggan menjelaskan terkait resiko inefisiensi serta berpotensi menguras pengeluaran PDAM Gresik yang berimbas dengan tinnginya biaya produksi. Sebab, pompa lebih beresiko terbakar akibat dipaksa bekerja nonstop untuk mendorong air ke tandon yang letaknya lebih tinggi. Padahal, biaya produksi untuk bayar listrik bertambah mahal seiring kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL). Imbasnya, kerugian yang diderita oleh PDAM Gresik.Ujung-ujungnya meminta kenaikan tarif pelanggan untuk menutupi kerugian. Padahal, kesalahan mutlak di manajemen PDAM Gresik sendiri.(sho)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : coba ku banyangkan | gresik-satu template | gresik-satu template
Copyright © 2011. gresik-satu - Oke 86
Perubah Template Oleh gresik-satu.blogspot.com Publikasi oleh gresik-satu.blogspot.com
Kekuatan oleh gresiksatu