Headlines News :
Home » » Banjir Mulai Surut

Banjir Mulai Surut

Written By gresik satu on Rabu, 20 Maret 2013 | Rabu, Maret 20, 2013

GRESIK-Banjir akibat luapan Kali Lamong yang mengenangi beberapa desa di Kecamatan Cerme dan Benjeng cepat surut.
Dari data yang dicatat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik menyebutkan, desa di Kecamatan Benjeng yang terendam yakni Desa Sedapur Klagen dengan ketinggian air 20 cm yaqng merendam 70 rumah. Kemudian Desa Klampok dengan 60 rumah serta beberapa sawah yang masih terendam.
Sedangkan di Kecamatan Cerme meliputi Desa Dungus dengan 136 rumah dan 10 hektar sawah serta tambak yang terendam air setinggi 30 cm. Yang paling para di Desa Morowudi ada 150 unit rumah dan 150 hektar sawah dan tambah terendam air hingga tinggi 1 meter.
"Kerugiannya, kami belum mendata. Hanya untuk sawah sudah dipanen. Hingga yang paling memungkinkan warga mengalami kerugian hanya di tambak," ungkap Supandi, Sekretaris BPBD Gresik.
Tingginya luapan Kali Lamong yang menggenangi pertigaan Morowudi juga melumpuhkan jalur Gresik-Surabaya lewat Selatan tersebut. Bila sebelumnya air hanya setingi 35 cm tapi sejak Rabu (20/3) ,i air mencapai 65 cm. Akibatnya banyak kendaraan berhenti dan memacetkan jalur tersebut.
"Airnya cukup tinggi, beda dengan kemarin. Banyak kendaraan yang mecet di tengah jalan. Bahkan, banyak mobil yang terpaksa kembali," kata Imam Ashadi,(48), warga Desa Banjaran, Kecamatan Driyorejo yang keseharian melewati jalur Morowudi.
Terpaksa sejumlah kendaraan yang berasal dari Balongpanggang yang hendak ke arah Cerme maupun Benowo, Surabaya terpaksa harus balik dan memutar. Sebaliknya, dari Balongpanggang yang hendak menuju ke Metatu, Benjeng dihadang banjir di Jalan Raya Desa Banter. Sehingga kendaraan khususnya roda dua yang mogok.
Begitu juga kendaraan yang menuju ke Cerme, harus melawan air di Desa Terong Bangi, karena ketinggian air yang paling dalam hingga 1 meter. Sedangkan dari arah Cerme yang hendak ke Benjeng lewat Morowudi, ke Menganti maupun ke Surabaya juga ditutup. Sejumlah kendaraan roda dua ada yang nekat menembus terpaksa harus didorong karena mogok.(sho)

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : coba ku banyangkan | gresik-satu template | gresik-satu template
Copyright © 2011. gresik-satu - Oke 86
Perubah Template Oleh gresik-satu.blogspot.com Publikasi oleh gresik-satu.blogspot.com
Kekuatan oleh gresiksatu