Headlines News :
Home » » DPRD Sragen Belajar Bahas LKPj Bupati Ke Gresik

DPRD Sragen Belajar Bahas LKPj Bupati Ke Gresik

Written By gresik satu on Kamis, 18 April 2013 | Kamis, April 18, 2013

GRESIK-Kinerja DPRD Gresik yang menuntaskan pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Kepala Daerah Tentang Pelaksanaan APBD Tahun 2012, membuat DPRD Sragen Jawa Tengah imgin mendapat pencerahan dan titik terang terhadap persoalan itu.
Sebab, legislator disana belum selesai melakukan pembahasan. Selain iitu, pendapatan asli daerah (PAD) dari pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan (PBB P2) disana, juga menurun.
Untuk itu, 23 anggota DPRD Sragen Jawa Tengah yang tergabung dalam Pansus LKPJ Kepala Daerah ngangsu kaweruh yang diterrima oleh mantan Sekrestaris Pansus LKPj sekaligus Ketua Komisi C, Ir. Abdul Hamid di ruang Komisi A DPRD Gresik, Kamis (18/04).
Dalam pertemuan tersebut, Abdul Hamid menjelaskan, pembahasan LKPj bupati pada DPRD Gresik melalui Pansus LKPj Kepala Daerah.
"Namun, Pansus LKPj Kepala Daerah tidak punya hak untuk menolak. Pansus hanya bisa memberika catatan soal kinerja sehingga tahun depan bisa lebih baik,"tuturnya.
Pengunaan APBD Gresik Tahun 2012, sambung politisi dari Partai Golkar tersebut dilakukan oleh bupati tidak sesuai dengan perundang-undangan.
Terkait cara mendongkrak PAD dari PBB,lanjut Abdul Hamid, pendapatan PBB P2 di Gresik tidak pernah menurun . Bahkan, setiap tahun selalu naik sekitar 10 hingga 20 persen. "Kenaikan itu logis karena setiap tahun, selalu ada pengembangan wilayah. Seperti peralihan tanah pertanian jadi perumahan, serta lahan tegalan jadi industri. Dari itu secara tidak langsung, NJOP yang ada dalam daerah tersebut akan naik sehingga PBB juga ikut naik,"tegasnya.
Dalam pembahasan Pansus LKPj, kata Abdul Hamid, semuanya tergantung dari sinkronisasi pansus dengan eksekutif.
"Contohnya pengunaan anggaran 100 persen terserap 95, penyerapan 95 persen, kinerja 100 persen. Ini sebetulnya tidak boleh sebab dalam kegiatan yang sama tahun depan dan tidak boleh dianggarkan. Sebab pencapian target sudah terpenuhi,"paparnya.
Pembahasan pada SKPD berjalan alot, sambung Abdul Hamid, dewan menanyakan secara rinci kegiatan dan pengunaanya.(sho)

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : coba ku banyangkan | gresik-satu template | gresik-satu template
Copyright © 2011. gresik-satu - Oke 86
Perubah Template Oleh gresik-satu.blogspot.com Publikasi oleh gresik-satu.blogspot.com
Kekuatan oleh gresiksatu