Headlines News :
Home » » Gresik dapat Tambahan Kuota Pupuk

Gresik dapat Tambahan Kuota Pupuk

Written By gresik satu on Selasa, 22 April 2014 | Selasa, April 22, 2014

GRESIK-Pemkab Gresik meminta tambahan kuota pupuk bersubsidi ke PT Petrokimia Gresik (PKG) untuk mengatasi kelangkaan pupuk di Gresik.
"Kami melalui Wakil Bupati Gresik sudah mendatangi PT Petrokimia Gresik untuk meminta tambahan pupuk,"kata Bupati Dr. Sambari Halim Radianto saat memberi sambutan pada acara sambungrasa di Balai Desa Mentaras Kecamatan Dukun, Selasa (22/4).
Menurutnya, jatah pupuk subsidi bagi masyarakat petani Gresik untuk musim tanam April – September 2014 setelah mendapat tambahan yakni jenis urea sebanyak 1.221 ton dari kuota sebelumnya 1.050 ton. Sedangkan Pupuk Ponska naik menjadi sebesar 1.241 ton dari kuota semula sebesar 1.059 ton.
"Saya kira, jumlah ini cukup untuk kebutuhan petani pada musim tanam April s/d September 2014,"katanya.
Dengan tambahan tersebut Bupati berharap kepada semua kelompok tani yang ada di Gresik untuk menebus jatah pupuk tersebut. "Kalau jatahnya sudah ditambah, kami mohon semua petani melalui para ketua kelompok taninya untuk segera menebus. Karena kalau tidak ditebus, pada musim tanam yang akan datang akan dikurangi. Karena dianggap petani tidak butuh pupuk bersubsidi,"tandasnya.
Sebelumnya, Kepala BP4K Labat Wibowo mengakui, secara Nasional memang ada pengurangan jatah subsidi pupuk untuk seluruh Indonesia sebagai langkah untuk memperbaiki struktur tanah yang semakin tahun semakin 'kurus'. "Dalam beberapa kali percobaan, penggunaan pupuk organic terbukti dapat memperbaiki struktur tanah menjadi semakin subur. Hal ini karena pupuk organic dapat menyerap dan menyimpan air lebih tinggi sampai 1 – 2 bulan. Pupuk organic memperkaya unsure hara baik mikro maupun makro" terangnya.
Labat Wibowo juga menyatakan penggunaan Pupuk organic pada tanaman padi juga dapat meningkatkan kwalitas produksi beras.
"Beras bisa lebih bagus, awet dan ketika disimpan lama beras tidak mudah rusak. Juga aroma rasa beras dengan pupuk organic lebih enak disbanding dengan beras yang memakai pupuk buatan," ujar Labat. (sho)

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : coba ku banyangkan | gresik-satu template | gresik-satu template
Copyright © 2011. gresik-satu - Oke 86
Perubah Template Oleh gresik-satu.blogspot.com Publikasi oleh gresik-satu.blogspot.com
Kekuatan oleh gresiksatu