Headlines News :
Home » » Organisasi Kesehatan Peduli Kusta Jepang Kunjungi Gresik

Organisasi Kesehatan Peduli Kusta Jepang Kunjungi Gresik

Written By gresik satu on Kamis, 17 April 2014 | Kamis, April 17, 2014

GRESIK-Tim dari organisasi kesehatan di Jepang yang peduli terhadap penyakit kusta yakni Sasakawa Memorial Health Foundation (SMHF) bersama World Healty Organitation (WHO) datang ke Gresik yang diterima oleh Wabup Moh Qosim.
Mereka akan melihat secara langsung keberhasilan kegiatan pemberdayaan orang yang pernah mengalami kusta (OYPMK) di Gresik.   
Sebelum menuju lokasi tempat pemberdayaan di Desa Petung Kecamatan Panceng, 4 anggota Tim SMHF yakni  Dr. Michael Chen Secretary General of HANDA/chair of ITC member, Dr. Hugh Cross. Programme Director of Asia of ALM/ITC member, Dr. Raganadh Rao, WHO Global Leprocy program dan Mr. Kay Yamaguchi Consultant to leprocy programme of SMHF..
Mereka yang difasilitasi oleh Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur serta Yayasan Kusta Indonesia diterima Wabup Drs. Moh Qosim di ruang Graita Eka Praja, Kamis (17/4).
Dalam penjelasannya kepala rombongan Dr. Michael Chen mengatakan, kedatangannya ke Kabupaten Gresik untuk penguatan partisipasi orang yang pernah mengalami kusta terhadap pelayanan kusta di Gresik.
Sesuai data tahun 2013 yang dirilis Dinas Kesehatan Gresik, ada 106 penderita kusta di Gresik.
Sementara itu, Wabup Moh Qosim mengatakan, bahwa, jumlah tersebut menurun dibanding pada 2 tahun sebelumnya.
"Pada tahun 2011 jumlah penderita kusta di Gresik 156 orang. Jumlah ini menurun pada tahun 2012 menjadi 110 penderita. Setahun kemudian yaitu tahun 2013 menjadi 106 penderita" ujarnya.
Penurunan penderita kusta di Gresik, kata Qosim, berkat kerjasama semua unsur kelompok masyarakat."Untuk mendukung koordinasi penanganan kusta,
Kemudian Bupati Gresik menerbitkan surat keputusan pembentukan tim pendamping orang yang pernah mengalami kusta.
" Tim ini terdiri dari berbagai dinas instansi, berbagai elemen masyarakat yaitu ikatan isteri dokter, Fatayat, Muslimat, Aisyiah, Nahdhlatul Ulama dan Muhammadiyah,"jelasnya.
Tim ini, sambung Qosim, bertugas memberikan, advokasi, sosialisasi, pelatihan, memberikan berbagai bantuan.
"Terbukti dengan program dan bantuan yang dijalankan oleh anggota tim ini, jumlah penderita kusta terus menurun dari tahun ke tahun,"pungkasnya.(sho)

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : coba ku banyangkan | gresik-satu template | gresik-satu template
Copyright © 2011. gresik-satu - Oke 86
Perubah Template Oleh gresik-satu.blogspot.com Publikasi oleh gresik-satu.blogspot.com
Kekuatan oleh gresiksatu