Headlines News :
Home » » Dinkes Gelar Lomba Kader Kesehatan

Dinkes Gelar Lomba Kader Kesehatan

Written By gresik satu on Rabu, 21 Mei 2014 | Rabu, Mei 21, 2014

GRESIK-Dinas Kesehatan (Dinkes) Gresik mengadakan lomba Kader Kesehatan 2014. Lomba tersebut merupakan kalender tahunan untuk menciptakan kader-kader kesehatan yang mumpuni dan handal di bidangnya.
Ada 96 kader kesehatan mulai tingkat SD sampai SMA perwakilan dari Kecamatan se-Kabupaten Gresik yang masing-masing terdiri dari 6 kader mengikuti lomba Kader Kesehatan tahun 2014.
Mereka harus mengikuti tahapan tes mulai dari tes tulis, wawancara, tes penyuluhan, tes kesehatan, ketrampilan dan mengarang.
Lomba kader Kesehatan merupakan upaya untuk mempersiapkan dan menerapkan pembinaan siswa menjadi kader yang terencana dan terarah sehingga dapat mencapai hasil yang maksimal. Selain juara 1,2, dan 3 juga ada juara harapan.
Untuk juara I kategori Tiwisada Putra di raih Putra dewanto, untuk putri Audreylia. Sedang juara kader kesehatan Remaja Tingkat SMP/MtpTs, untuk putra diraih M Athoriq dan Putri Nanda Dini. Sedangkan juara kader kesehatan remaja tingkat SMA/MA, untuk putra di raih M. Elfas Ibrahim dan Putri yakni Wilma Ahland.F
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Dr. Sugeng Widodo menjelaskan bahwa lomba kader UKS ini merupakan lomba yang dilaksanakan setiap tahun dengan tujuan menciptakan persaingan yang sehat antara siswa sebagai penggerak untuk berpola hidup sehat bagi dirinya sendiri yang selanjutnya akan berimbas kepada sesama teman, keluarga dan masyarakat di lingkungannya beradius 500 meter. "Dengan lomba Kader Kesehatan bisa mengetahui sejauh mana perilaku hidup sehat peserta didik dalam upaya meningkatkan kemampuan derajat kesehatan dan mengetahui sejauh mana keterampilan dan pengetahuan peserta didik dalam menerapkan Usaha kesehatan Sekolah (UKS),"ujarnya Rabu (21/05).
Pada dasarnya di setiap Sekolahan sudah ada kader kesehatan minimal 10% jumlah murid di sekolah. Mereka mempunyai tugas menyebarluaskan informasi pola hidup sehat di lingkungan sekolah, memberikan pelayanan kesehatan dasar, menjalankan program lomba kebersihan kelas, karya tulis, penyuluhan dll. Mereka juga menjalankan program pokok UKS (trias UKS) yaitu melaksanakan pendidikan Kesehatan di sekolah/madrasah (Health Education in School), menyelenggarakan pelayanan Kesehatan di Sekolah (Health Service School) dan menciptakan  lingkungan kehidupan sekolah yang sehat (Healthful school Living)
"Menjadi seorang kader tidak mudah, di butuhkan kecerdasan dan ketrampilan serta tanggap akan segala permasalahan. Jadi kader UKS harus mereka yang berprestasi di kelasnya, berwatak pemimpin dan bertanggung jawab, bersih berperilaku sehat, suka menolong, di pilih Tim pelaksana UKS, bertempat tinggal di rumah sehat, kelas 1 dan 2 SMP/MTs, SMA/SMK/MA, dan di ijinkan orang tua,"tegasnya.(sho)

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : coba ku banyangkan | gresik-satu template | gresik-satu template
Copyright © 2011. gresik-satu - Oke 86
Perubah Template Oleh gresik-satu.blogspot.com Publikasi oleh gresik-satu.blogspot.com
Kekuatan oleh gresiksatu