Headlines News :
Home » » Pondok Krisis Air, Santri Salat Istisqa’

Pondok Krisis Air, Santri Salat Istisqa’

Written By gresik satu on Kamis, 20 September 2012 | Kamis, September 20, 2012





GRESIK-Kemarau panjang yang menyebabkan kekeringan serta krisis air bersih mengetuk hati sekitar 1.000 santri Pondok Pesantren ((PP) Al-Ibrohimi di Desa Peganden Kecamatan Manyar untuk melaksnakan salat Istisqa’ di halaman ponpes  tersebut, Kamis (20/9). Salat berlangsung di tengah terik matahari tersebut, dipimpin langsung KH Khoirul Atho' selaku pemangku PP Al-Ibrohimi.
Sebelum memimpin salat, Gus Atho', panggilan akrab Khoirul Atho' menjelaskan, bahwa, nawaitu atau niat awal menggelar salat dua rakaat itu, selain pembelajaran praktek peribadatan, juga memohon kepada Sang Khalik supaya mengakhiri krisis air di musim kemarau ini.
Diakuinya, PP Al-Ibrohimi sendiri mengalami krisis air bersih yang dirasakan dampaknya sangat berat.
"Sumber-sumber air sudah pada kering. Kadang para santri sudah lompat pagar untuk sekedar numpang mandi diluar," katanya.
Untuk mengatasi kurangannya kebutuhan air, ponpes yang dihuni sekitar 1.200 santri tersebut,  disuplai air bersih sebanyak 5 truk tangki air setiap harinya.
 "Pada musim kemarau ini dibutuhkan dana Rp 5 jutaan setiap bulan untuk membeli air," imbuhnya.
Tidak kalah pentingnya, sambung putra pendiri Ponpes Al Ibrohimi itu, munculnya beberapa ritual sesat di tengah masyarakat untuk meminta turunnya hujan. Diantaranya, larung sesaji ke laut, mendatangi pepunden kampung yang dianggap keramat atau membakar kemenyan. Padahal, ritual tersebut bukan tuntunan agama.(sho)

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : coba ku banyangkan | gresik-satu template | gresik-satu template
Copyright © 2011. gresik-satu - Oke 86
Perubah Template Oleh gresik-satu.blogspot.com Publikasi oleh gresik-satu.blogspot.com
Kekuatan oleh gresiksatu