Headlines News :
Home » » Napak Tilas Prabu Satmoto Di-Film-kan

Napak Tilas Prabu Satmoto Di-Film-kan

Written By gresik satu on Sabtu, 22 Juni 2013 | Sabtu, Juni 22, 2013

GRESIK-Kejayaan Kerajaan Giri Kedaton di era pemerintahan Prabu Satmoto atau Sunan Giri, bakal diangkat dalam sebuah film dokumenter dengan mengeksplorasi talenta dari masyarakat Gresik yang memiliki bakat dan minat di dunia akting.
Rencana tersebut telah dijajaki oleh Persatuan Arti Remaja Cilik Seluruh Indonesia (Parci) dengan menggandeng Pemkab Gresik.
"Kita sudah bertemu dengan Wakil Bupati (Wabup) untuk membahasnya. Dan sudah ada lampu hijau,"ujar Dewan Penasehat DPP Parci, Erry Wibowo didampingi Ketua DPD Parci Jatim, Moh Rusli dan Ketua DPD Parci Bali, Casko Wibowo dengan nada serius, Sabtu (22/06).
Dijelaskannya, film dokumenter Giri Kedaton tersebut akan menceritakan napak tilas kisah Sunan Giri atau Raden Paku mulai masa kanak-kanak hingga dinobatkan menjadi Raja Giri Kedaton bergelar Prabu Satmoto.
Selama ini, prosesi penobatan Prabu Satmoto menjadi seremonial dalam rangakian perayaan Hari Jadi Kota Gresik.
Rencananya, syuting pembuatan film dokumenter tersebut dimulai pertengahan bulan depan dalam waktu yang singkat yakni 3 hari.
Terkait pemilihan artis lokal dalam pembuatan film dokumenter napak tilas tersebut, Erry Wibowo menyatakan Parci menginginkan munculnya artis lokal dapat diorbitkan menjadi calon bintang yang siap berkompetisi di Jakarta sebagai barometer industri entertainment.
"Selama ini, artis dari daerah hanya menjadi figuran saja. Keberadaan Parci akan mengangkat artis lokal agar tidak dipandang sebelah mata,"paparnya.
Untuk itu, Parci juga akan membekali dengan ilmu akting yang memadai kepada calon artis agar keberadaannya tak dianggap remeh.
"Kita akan memberikan advokasi dan edukasi,"tukasnya.
Sayangnya, film dokumenter tentang napak tilas Prabu Satmoto belum diangkat ke layar lebar. Tetapi, diputar oleh salah satu stasiun TV Nasional yang sudah melakukan kerjasama Parci. (sho)

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : coba ku banyangkan | gresik-satu template | gresik-satu template
Copyright © 2011. gresik-satu - Oke 86
Perubah Template Oleh gresik-satu.blogspot.com Publikasi oleh gresik-satu.blogspot.com
Kekuatan oleh gresiksatu