Headlines News :
Home » , » Jelang Ramadan, PTSI Gelar Megengan Dan Pentas Budaya Islami

Jelang Ramadan, PTSI Gelar Megengan Dan Pentas Budaya Islami

Written By gresik satu on Minggu, 07 Juli 2013 | Minggu, Juli 07, 2013

GRESIK-PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (PTSI) memiliki cara tersendiri sebagai ungkapan rasa syukur akan datangnya bulan suci Ramadhan. Untuk itu, digelar acara Megengan dan Pentas Budaya Islami yang dilaksanakan di Wisma A. Yani, Minggu (07/07).
Acara tersebut diisi dengan Dzikir Kolosal, Rampak Bedug, Marawis & Zapin, Hadrah Al Banjari, Tari Sufi serta menampilkan Semen Indonesia Kompak Etnichestra,
"Megengan merupakan tradisi masyarakat Muslim Jawa yang sampai saat ini masih eksis dan harus tetap dilestarikan,"ujar Dirut PTSI, Dwi Soetjipto.
Tradisi Megengan berarti menahan, di dalam konteks puasa, maka yang dimaksud adalah menahan hawa nafsu selama bulan puasa. Secara simbolik, bahwa upacara megengan berarti menjadi penanda bahwa manusia akan memasuki bulan puasa sehingga harus menahan hawa nafsu, baik yang terkait dengan makan, minum, hubungan seksual dan nafsu lainnya.
Sehingga , megeng berarti suatu penanda bagi orang Islam untuk melakukan persiapan secara khusus dalam menghadapi bulan yang sangat disucikan di dalam Islam.(sho)

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : coba ku banyangkan | gresik-satu template | gresik-satu template
Copyright © 2011. gresik-satu - Oke 86
Perubah Template Oleh gresik-satu.blogspot.com Publikasi oleh gresik-satu.blogspot.com
Kekuatan oleh gresiksatu