Headlines News :
Home » , » Obrak PKL PBG Libatkan Tim Gabungan

Obrak PKL PBG Libatkan Tim Gabungan

Written By gresik satu on Senin, 23 September 2013 | Senin, September 23, 2013

GRESIK-Sikap tegas akhirnya diambil Pemkab Gresik pada Pedagang Kaki Lima (PKL) disekitar Pasar Baru Gresik (PBG). Buktinya, sekitar 100 orang pasukan gabungan dari Satpol PP, Dishub Polres Gresik, TNI serta bantuan dari Corp Polisi Militer (CPM) dari Kodim 0817 Gresi, menertibkan para PKL disana, Senin (23/9).
Sebelumnya, mereka berkumpul di Halaman Kantor Bupati Gresik untuk briefing oleh Bupati Dr. Sambari Halim Radianto.
"Kita terpaksa harus melakukan tindakan penertiban setelah berbagai upaya peringatan ternyata tidak digubris. Bukan kita memusuhi mereka, namun yang penting disini adalah penertiban. Mengembalikan fungsi jalan serta trotoar sebagaimana fungsinya" ujar Sambari.
Sementara Asisten II, Andhy Hendro Wijaya yang memimpin operasi penertiban itu melalui kabag Humas Pemkab Gresik, Agus Setya Prambudi mengatakan, bahwa, penertiban yang dilakukan telah melalui prosedur. Selain sosialisasi dengan pemberitahuan dan pemasangan spanduk, juga telah mengirimkan surat selama 3 hari berturut-turut yaitu pada tanggal 19-21September 2013.
 "Kita tidak hanya sekedar menggusur, tapi kita juga telah menyiapkan tempat" katanya.
Ditambahkan. toleransi dan batas waktu sudah cukup untuk memindah PKL masuk ke tempat yang sudah disediakan tepatnya di lahan milik PT Multi Sarana Plasa (MSP) Gresik. Lahan tersebut sangat luas dan memadai.
" Kami juga tak akan tinggal diam, kami juga berupaya agar tempat itu bisa ramai. Saat ini kami tengah mengupayakan agar tempat tersebut juga dipasang paving. Kami berharap mereka betah berdagang dilokasinya yang baru,"ujarnya.
Dilokasi penertiban, para pasukan gabungan ini langsung melaksanakan penertiban. Mereka menyisir dari depan lokasi Pasar Baru Gresik. Seketika para PKL mengemasi dagangannya. Tak terkecuali pedagang makanan. Mereka serta merta mendorong gerobaknya menjauhi lokasi.
Sedang pedagang lain mulai dari sayur-mayur, sandal serta buah-buahan mengemasi dagangannya lalu menaikkan pada beberapa becak yang terparkir didepannya.
Kepala Dinas Koperasi Perdagangan dan Perindustrian, M. Najikh mengatakan,bahwa, lokasi yang bakal di persiapkan untuk para PKL. Lapak B ini bisa menampung 111 PKL.
Selain di lapak B masih ada lahan luas yang lain dan diperkirakan masih bisa menampung ratusan PKL yang lain. "Tempatnya bagus, sarana prasarana akan kami siapkan termasuk mempaving serta membuka pintu baru dibelakang yang mudah dijangkau. Kedepan tak hanya, PKL Gubernur Suryo dan Samanhudi, tapi juga PKL ditempat lain yang kami rasa mengganggu akan kami tertibkan,"tuturnya.
Untuk kelanjutan penertiban ini, maka Pemkab Gresik akan mengamankan tempat yang sudah ditertibkan ini selama 24 jam. "Kami akan menempatkan petugas secara bergantian yang dibagi dalam 3 shift yaitu sift I mulai jam 07.00 – 15.00. shift II mulai 15.00 – 23.00 sedangkan shift III mulai jam 23.00 – 07.00. Selain petugas Satpol PP dan anggota Dinas Perbubungan, Pemkab Gresik juga dibantu oleh anggota Polres Gresik serta TNI Kodim 0817 Gresik.(sho)

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : coba ku banyangkan | gresik-satu template | gresik-satu template
Copyright © 2011. gresik-satu - Oke 86
Perubah Template Oleh gresik-satu.blogspot.com Publikasi oleh gresik-satu.blogspot.com
Kekuatan oleh gresiksatu