Headlines News :
Home » , » BPK Incar Mobdin Dewan

BPK Incar Mobdin Dewan

Written By gresik satu on Selasa, 01 Mei 2012 | Selasa, Mei 01, 2012

GRESIK-Diam-diam, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Cabang Jawa Timur di Surabaya tengah melakukan pemeriksaan fisik pada 42 mobil dinas (mobdin) jenis Daihatsu Terios TX untuk anggota DPRD Gresik yang menghabiskan uang rakyat sebesar Rp. 8,2 milyar dalam APBD Gresik Tahun 2011 lalu. Pasalnya, ada aroma ketidakberesen dalam pengadaan mobdin tersebut.
“Memang ada pemeriksaan dari BPK untuk mengecek keberadaan mobil itu,”ungkap Ketua Fraksi Partai Demokrat (F-PD) DPRD Gresik, Suberi dengan nada santai, Selasa (1/5)
Pemeriksaan oleh BPK, sambung anggota Komisi A itu, berlangsung selama 2 hari mulai Senin (30/4) dan Selasa (1/5) ini. Sehingga, setiap anggota DPRD Gresik secara bergiliran datang ke gedung dewan dengan mengendarai mobdin Terios TX karena ada pemeriksaan.
“Mungkin, BPK ingin memastikan mobilnya masih ada atau sudah dijual,”selorohnya.
Sekadar menginggatkan, 42 anggota DPRD Gresik menerima mobdin Daihatsu Terios TX. Mobdin baru diterima oleh setiap anggota dewan menjelang lebaran tahun lalu. Dengan demikian, pimpinan DPRD Gresik dan Ketua Komisi tidak mendapatkan jatah mobdin Daihatsu Terrios TX. Sebab, 4 pimpinan dewan mendapatkan mobdin sedan Camry, sedangkan ketua komisi diberi jatah mobdin Toyota Inova.
Namun, proses pengadaan mobdin tersebut di Bagian Perlengkapan Pemkab Gresik tanpa melalui lelang terbuka atau tender dengan mengacu Perpres No.54 tahun 2010 tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah. Tetapi, penunjukan langsung pada PT. Astra Internasional dengan harga Rp. 196.000.000,- perunit. Dasarnya, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).
Rumor yang berkembang, pemeriksaan BPK tersebut ada kaitannya dengan bonus untuk pembelian mobdin dengan jumlah besar. Sebab, ada kelaziman kalau pembelian mobdin dalam jumlah besar akan mendapatkan bonus secara bertahap yang ditentukan oleh pihak penyedia.
Selain itu, ada tengara spesifikasi tidak sesuai dengan standar. Sebab, ada beberapa aksesoris yang menjadi satu paket untuk pembelian mobil, tetapi tidak disertakan. Praktis, seharusnya ada selisih pembayaran karena aksesorisnya tidak lengkap.
Sementara itu, Sekretaris DPRD Gresik, Bambang Wibisono SH ketika dikonfirmasi membenarkan adanya pemeriksaan  42 mobdin anggota dewan jenis Daihatsu Terios TX dari BPK Cabang Jawa Timur di Surabaya.
“Sudah selesai pemeriksaannya. Kebetulan disini ( sekretariat DPRD Gresik) hanya pengguna saja. Yang melaksanakan pengadaan (mobdin) Bagian Perlengkapan Pemkab Gresik,”tuturnya.
Mobdin secara fisik tidak ada masalah karena sudah sesuai dengan kondisi ketika diserahkan dari dealer. Selain itu, perjanjian pinjam pakai mobdin dilakukan antara Bagian Perlengkapan Pemkab Gresik dengan masing-masing anggota dewan
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : coba ku banyangkan | gresik-satu template | gresik-satu template
Copyright © 2011. gresik-satu - Oke 86
Perubah Template Oleh gresik-satu.blogspot.com Publikasi oleh gresik-satu.blogspot.com
Kekuatan oleh gresiksatu