Headlines News :
Home » » STAI Al-Azhar Menganti - Al-Azhar Mesir Teken MoU Pendidikan Islam Moderat

STAI Al-Azhar Menganti - Al-Azhar Mesir Teken MoU Pendidikan Islam Moderat

Written By gresik satu on Minggu, 01 Juni 2014 | Minggu, Juni 01, 2014

GRESIK-Konsistensi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Azhar Menganti dalam menjunjung tinggi islam moderat dan toleran mendapat respon positif dari Kedutaan Besar Mesir dan Universitas Al-Azhar Mesir.
Untuk itu, keduanya sepakat meneken perjanjian kerjasama atau memorandum of understanding (MoU) dalam bidang pendidikan Islam moderat yang berlangsung di kampus STAI Al-Azhar di Kecamatan Menganti, akhir pekan ini yang dihadiri Kepala Kemenag Gresik, para kiai dan masyayikh.
Secara konkrit, kerjasama tersebut ditunjukkan dengan memberi kesempatan kepada 3 siswa dari Sekolah Menengah Atas (SMA) Al-Azhar Menganti untuk mengikuti studi di Kampus Al-Azhar di Mesir secara gratis.
Lembaga Pendidikan Islam Al-Azhar Menganti dibawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Darul Ihsan memiliki pendidikan mulai STAI, SMA, SMK, SMP, MI, RA, dan PAUD.
Pengasuh Yayasan Pondok Pesantren Darul Ihsan, Drs. KH. Mulyadi, MM selaku dalam sambutannya mengatakan bahwa sejak STAI Al-Azhar berdiri. Pada tahun 2000 hingga sekarang, sangat menjunjung tinggi islam moderat dan toleran.
"Dalam Islam, sikap moderat dan toleran memang sangat dianjurkan. Ada hadits yang diriwayatkan Tabrani menjelaskan bahwa, Nabi Muhammad SAW mengatakan, bahwa, sebaik-baiknya perkara adalah yang dipertengahan atau moderat. Disini, moderat yang artinya kita harus berlaku adil, mengambil jalan tengah, tentu diatas keadilan Islam bukan yang lain,"tandasnya.
Sikap adil, lanjut KH. Mulyadi, bukan hanya kepada sesama muslim, tetapi juga seluruh umat manusia. Bahkan juga kepada alam dan segala isinya. "Inilah konsep Rahmatan Lil Alamin dalam Islam,"paparnya.
Sementara itu, Dubes Mesir untuk Indonesia, Bahaaeldeen Dessouki menambahkan bahwa kampus Al-Azhar Mesir sebagai pusat pendidikan Islam di Mesir sangat respek dan mendukung dengan STAI Al-Azhar Menganti Gresik yang mengedepankan Islam Ahlussunah Waljamaah (Aswaja) yaitu islam yang menolak terorisme dan ekstremisme.
selain penandatangan kerjasama juga digelar Seminar Internasional yang mengangkat tema "posisi islam tentang terorisme dan ekstremisme". Tema tersebut sesuai dengan tujuan kerjasma yaitu menekankan pada peran pendidikan islam yang moderat dan toleran.(sho)

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : coba ku banyangkan | gresik-satu template | gresik-satu template
Copyright © 2011. gresik-satu - Oke 86
Perubah Template Oleh gresik-satu.blogspot.com Publikasi oleh gresik-satu.blogspot.com
Kekuatan oleh gresiksatu